blank
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian seorang santri yang diduga tenggelam di perairan Blitung Sarang Desa Kalipang, Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang santri yang diduga tenggelam di perairan Blitung Sarang Desa Kalipang, Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang dalam keadaan sudah tak bernyawa, Sabtu (1/10/2022).

Korban, JAG (13) santri asal Desa Leren, Kabupaten Rembang ini diduga tenggelam saat bermain bersama temannya di perairan Blitung Sarang Desa Kalipang, Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang pada Jum’at (30/9/2022).

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menjelaskan, peristiwa terjadi pada Jum’at (30/9) sekitar pukul 07.30 WIB, dimana 2 orang santri dari Pondok Pesantren Sarang sedang bermain air di Pantai Blitung, namun tiba-tiba JAG terseret ombak ke tengah dan hilang.

Kemudian temannya berlari ke pinggir pantai untuk minta pertolongan dan melaporkan jika temannya hilang terseret ombak. “Diduga JAG terseret ombak besar tidak bisa menyelamatkan diri, akhirnya hilang tenggelam,” ungkap Heru.

Dengan informasi tersebut Kepala Kantor SAR Semarang memerintahkan Koordinator Unit SAR Rembang Susanto memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan pencarian dan pertolongan disertai alut SAR air

“Setelah upaya pencarian tim SAR gabungan Sabtu (1/10) pukul 04.45 WIB korban ditemukan dari arah barat. Korban ditemukan dari tempat kejadian kurang lebih 5 kilometer dalam keadaan meninggal dunia,” jelas Heru.

Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Kragan Kabupaten Rembang guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Heru memberikan himbuan kepada masyarakat saat bermain di pantai untuk mematuhi rambu-rambu batas aman yang dipasang pengelola wisata, untuk meminimalisir kejadian kecelakaan.

Ning Suparningsih