blank
Siswi SMAN 1 Blora Kampanyekan Olah Sampah Jadi Berkah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

Yaitu penerapan sampah, lanjutbKepala SMAN 1, dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Reuse, menggunakan kembali sampah-sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi lainnya. Reduce, mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah. Recycle, mengolah kembali sampah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat.

“Jadi intinya mengolah limbah enjadi berkah,” ucap Yuni Ni’wati.

Dijelaskannya, peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 SMA Negeri 1 Blora dilaksanakan selama empat hari. Sejak 28 September 2022 hingga 1 Oktober 2022.

“Hari pertama, Rabu (28/9/2022) melaksanakan doa bersama, untuk mendoakan para senior-senior kita yang sudah wafat, semoga diterima oleh Allah SWT, amalan solehnya dan diampuni semua dosanya dan mendapatkan khusnul khatimah. Kemudian, dilakasnakan ziarah kubur ke makam beberapa tokoh,” terang Yuni Ni’wati.

Hari kedua, Kamis (29/9/2022) dilaksanakan pentas seni sekaligus gelar karya. Gelar karya siswa, yang mana kelas X melaksanakan kurikulum merdeka, di antaranya melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), imbuh Yuni Ni’wati.

Gaya Hidup Bekelanjutan

“Kali ini kita mengambil tema gaya hidup bekelanjutan, yaitu mengubah sampah menjadi berkah,” jelas Kepala SMAN 1 Blora.