blank
Transaksi antara seller dan buyer dalam acara table top yang digelar di Taman Bunga Celosia, Gedongsongo. Foto: Wisnu

UNGARAN (SUARABARU.ID) – Pelaku pariwisata se-Jawa dan Bali bertemu di Kabupaten Semarang, dalam kegiatan travel mart yang digelar di Ungaran dan table top di Taman Bunga Celosia, Gedongsongo, 27-28 September.

Travel Mart Ketiga (G9TM III) tahun 2022 yang digelar dua hari, yaitu 27-28 September dengan agenda ini meliputi Pasar Oleh-oleh dan Gala Dinner di Gubuk Makan Mak Engking pada hari pertama, dan Table Top yang berlangsung di Taman Bunga New Celosia, Gedongsongo, Bandungan, Rabu 28 September 2022.

Table top diikuti 80 seller dan 208 calon buyers dari jasa biro perjalanan saling bertemu untuk selanjutnya bertransaksi sesuai kebutuhan. Table Top merupakan aktivitas Business to Business (BtoB) yang berbentuk pameran wisata dengan mempertemukan seller dan buyer secara langsung.

Baca juga Gedongsongo Travel Mart Diikuti 208 Buyers dan 80 Sellers dengan Target Transaksi Rp 12 Miliar

Sejumlah brand kuliner, paket wisata, hotel, resto bahkan asuransi di Kabupaten Semarang hadir mempromosikan jualannya.

Siapa yang tak kenal Tahu Serasi Bandungan, Wajik Suharno, lalu Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Paket Wisata Gogik, Objek Wisata Curug Semirang, Sunrise Hill Gedongsongo dan wisata Boemisora. Sedangkan dari biro travel ada Larasati Purowadadi dan Gatra Pemalang.

Ketua Panitia Gedongsongo Travel Mart Dewi Listyawati menjelaskan, kegiatan Table Top digeber sebagai upaya menjembatani kepentingan para penjual jasa wisata dengan biro perjalanan yang membawa wisatawan.

“Kegiatan ini menggandeng biro travel, pelaku ekonomi kreatif, UMKM, dan toko oleh-oleh terbesar se-Jawa Bali dengan menyajikan kolaborasi antara beberapa tempat destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang (from competitor to collaborator),” kata Dewi Listyawati.

Peserta Naik Tiap Tahun

Dewi mengaku, dirina tak menampik masih ada seller yang bingung bagaimana menjual jasanya, kiat mendatangkan tamu secara efektif. “Pada sisi lain,  banyak biro travel yang kesulitan memperoleh referensi akurat soal ragam wisata di Kabupaten Semarang. Inilah yang menjadi alasan mengapa Gedongsongo Travel Mart harus ada,” kata GM C3 Hotel Ungaran ini.

Menurut Dewi, Gedongsongo Travel Mart tahun 2022 adalah perhelatan ketiga kali setelah tahun 2020 dan 2021 diselenggarakan di Green Valley. Dia bersyukur antusiasme seller dan buyer sangat tinggi, dan pesertanya melonjak tiap tahun.