blank
Ilustrasi Hummus. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pernahkan Anda mengonsumsi hummus? Hummus adalah hidangan populer asal Timur Tengah yang dibuat dengan bahan-bahan sehat.

Dilansir dari Suara.com pada Senin (19/9/2022), Hummus terbuat dari chickpea (kacang arab), tahini (biji wijen), bawang putih, dan jus lemon. Karenanya, hummus sering dikonsumsi sebagai pengganti mayones bagi mereka yang menjalani diet vegan atau vegetarian.

Hummus mengandung protein yang dibutuhkan untuk membangun otot dan memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, juga mengandung vitamin B, folat, zat besi, potasium, dan thiamin, yang semuanya penting untuk kesehatan yang optimal.

Baca Juga: Manfaatkan Ampas Tebu dan Kontainer Bekas, Mahasiswa UNS Raih Juara Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi hummus yang perlu Anda tahu, dirangkum dari Pinkvilla.

1. Membantu menurunkan berat badan

Hummus biasanya dibuat dengan mentega biji wijen, yang juga dikenal sebagai tahini. Mentega biji wijen dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengurangi lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan.

2. Bagus untuk penderita anemia

Anemia adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan kelelahan ekstrem, kulit pucat, sakit kepala, pusing, peradangan, kuku lemah, dan banyak lagi masalah lainnya. Oleh karena itu, penting untuk makan makanan yang kaya zat besi secara teratur.

Hummus secara tradisional dibuat dengan tahini dan chickpea, keduanya merupakan sumber zat besi yang sangat baik.

Baca Juga: Tiga Manfaat Melakukan Aktivitas Hujan-hujanan Bagi Kesehatan Fisik

3. Memiliki sifat antioksidan

Salah satu manfaat utama hummus adalah tingginya antioksidan yang membantu mencegah berbagai masalah akut dan kronis. Hummus tradisional dibuat dengan chickpea yang dikemas dengan antioksidan dan karenanya menjadi hidangan yang enak untuk dikonsumsi secara teratur.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat kesehatan utama hummus adalah dapat menurunkan risiko masalah jantung. Hummus dikemas dengan vitamin, potasium, folat, dan nutrisi penting lainnya yang membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

5. Membantu mengurangi peradangan

Biji wijen dalam hummus membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan dapat menyebabkan radang sendi, masalah usus, dan masalah jantung. Peradangan kronis dalam tubuh juga dapat meningkatkan risiko cedera dan infeksi, jadi penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan sifat antiinflamasi.

Claudia