blank
Ikustrasi dua wanita hujan-hujanan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketika musim penghujan telah tiba, tentu aktifitas hujan-hujanan akan terasa sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika hal tersebut dilakukan dengan teman-teman secara beramai-ramai.

Dilansir dari Suara.com pada Jumat (16/09/2022), aktifitas hujan-hujanan ini cenderung dilakukan oleh anak-anak atau remaja, dan jarang oaring dewasa yang ikut melakukannya karena menganggap bahwa hal tersebut merupakan kegiatan yang kekanak-kanakan.

Namun, jarang disadari bahwa hujan-hujanan sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan. Hujan-hujanan, selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, melainkan untuk orang dewasa juga. oleh karena itu, mari simak manfaat melakukan aktifitas hujan-hujanan bagi kesehatan.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

Dikutip dari promkes.kemkes.go.id, berikut manfaat hujan-hujanan bagi kesehatan fisik manusia!

1. Sebagai sarana relaksasi dan mengurangi rasa stress

Hujan memiliki aroma yang khas atau disebut petichor. Hal ini bermanfaat untuk menstimulasi pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, bermain air saat hujan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks lagi. Merasakan air yang turun dari atas kepala hingga mata kaki dapat membuat seseorang merasa lebih tenang.

Secara alami, tubuh akan merasakan kenyamanan di dalam hujan, namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Sebaiknya segera usaikan kegiatan hujan-hujanan ketika dirasa bahwa tubuh sudah merasa cukup rileks dan tenang.

Baca Juga: Baik Untuk Kesehatan Usus, Simak Tiga Manfaat Biji Chia Seed

2. Menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh

Selain dapat mengurangi stress, ternyata hujan-hujanan juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Hujan dapat membersihkan udara dari polusi sehingga udara akan menjadi lebih segar dan sehat.

Kandungan alkali cair yang dimiliki oleh air hujan dapat mendetoksifikasi dan meningkatkan kualitas kerja saluran pencernaan sehingga racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar bersama kotoran yang dibuang.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, air hujan yang jatuh secara alami dari langit adalah air yang tidak memiliki kandungan mineral. Air tanpa mineral ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga akan terlihat lebih cantik.

Baca Juga: Lima Manfaat Sawi Putih, Salah Satunya Baik Untuk Kesehatan Mata

Selain itu, kandungan alkali yang berada di dalam air hujan juga dapat mengurangi kadar asam di dalam tubuh serta membantu menyeimbangkan pH darah.

Itulah tiga manfaat hujan terhadap kesehatan fisik manusia. Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun lakukanlah aktifitas hujan-hujanan secukupnya. Pastikan bahwa tubuhmu sedang dalam kondisi yang sehat dan fit saat melakukannya.

Claudia