blank
Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan berita acara pengukuhan tersebut kepada Ketua Persada, Amin Ma'ruf. (Foto: Kmf)

JEPARA (SUARABARU.ID) –Pj Bupati Jepara  Edy Supriyanta meminta agar para carik yang tergabung dalam  Perhimpunan Sekretaris Desa (Persada)  selalu menjaga keharmonisan hubungan kerja  dengan Petinggi, BPD, RT, RW, serta perangkat desa lainnya. Juga dengan   masyarakat di desanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Edy Supriyanta  saat memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Pengurus dan Peningkatan Kapasitas  Carik  di Hall Rumah Makan Maribu, Kamis (1/9/2022). Kegiatan tersebut dihadiri juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Haizul Ma’arif.

Turut mendampingi Kepala Dinsospermasdes Edy Marwoto, Kepala BKD Ony Sulistijawan, Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Jawa Tengah, Joko Prakoso.

Edy  juga berpesan kepada para carik untuk menjadi pilar penting dan jembatan komunikasi aspirasi warga kepada pemerintah desa, hingga Pemerintah Kabupaten Jepara. Apalagi   carik saat ini memang didominasi oleh anak-anak muda.

Harapannya anak-anak muda ini mampu membawa perubahan di era digital sehingga mampu menyelesaikan tugas sewaktu-waktu dibutuhkan, karena menjadi pamong, tugasnya momong warga dan harus siap 24 jam mengabdi untuk desa.

Sementara itu, Ketua Persada Amin Ma’ruf menyampaikan jumlah carik yang tergabung dalam Persada ada 184 orang. Kemudian yang belum ada cariknya 8 desa, karena purna tugas sebagai PNS.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas carik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, setiap permasalahan yang ada di desa bisa diselesaikan dengan musyawarah antar sesama anggota Persada. Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan berita acara pengukuhan tersebut kepada Ketua Persada, Amin Ma’ruf.

Hadepe – kmf