blank
Ilustrasi penyimanan makanan dalam wadah kaca. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di saat kita berbelanja baik itu makanan, buah, atau pun sayuran, pasti kita akan menyimpannya di kulkas jika ingin diolah atau dikonsumsi pada hari esoknya.

Nah, tapi bagaimana sih cara agar makanan yang kita simpan di kulkas dapat bertahan lama. Ada sejumlah hal yang harus kamu perhatikan saat menyimpan makanan di kulkas, karena menyimpan makanan di kulkas tidak boleh sembarangan.

Dilansir dari Suara.com, Jika menyimpan makanan di kulkas dengan cara yang tidak tepat, maka makanan akan rentan terkontaminasi kuman penyebab penyakit dan meningkatkan risiko terjadinya keracunan makanan saat dikonsumsi.

Baca Juga: Lima Tips Mengusir Semut Menggunakan Bahan Alami

Nah, jadi penting ya! untuk mengetahui cara menyimpan makanan di kulkas dengan benar agar makanan terjaga kualitasnya dan terhindar dari kontaminasi bakteri.

Berikut ada beberapa tips menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama, yang dirangkum dari laman alodokter.com.

1. Simpanlah makanan dalam wadah tertutup

Ya, gunakanlah wadah tertutup saat menyimpan makanan di dalam kulkas. Hal ini guna menjaga kesegaran makanan dan mencegah kontaminasi kotoran maupun bakteri.

Pastikan juga wadah yang digunakan dalam kondisi baik dan bersih. Jika kamu menggunakan wadah dari bahan plastik, pastikan wadah tersebut bebas kandungan BPA.

Baca Juga: Tips Mengobati Kaki Keseleo untuk Pertolongan Pertama

2. Letakkan daging mentah di rak bagian bawah

Mungkin kamu sering menaruh daging di bawah freezer. Meski daging tersebut sudah kamu simpan dalam wadah ataupun terbungkus menggunakan plastik, sebaiknya letakkan daging mentah di rak bagian bawah, ini bertujuan agar menghindari risiko menetesnya cairan dari daging ke makanan lain.

Jika ingin tahan lama, daging mentah lebih baik disimpan dalam lemari pembeku atau freezer. Karena, menyimpan daging di freezer dapat mencegah pertumbuhan kuman yang dapat hidup pada suhu kulkas.

3. Bungkus buah dan sayur tertentu menggunakan handuk

Beberapa buah atau sayur seperti bit, stroberi, blueberry, wortel, dan lobak sebaiknya dibungkus menggunakan handuk kering.

Karena, handuk kering dapat menyerap air atau kelembaban berlebih yang membuat buah dan sayur tertentu menjadi cepat busuk.

Baca Juga: Empat Tips Mengatasi Kulit Tangan Kering dan Kasar

4. Jaga suhu kulkas agar tetap dingin

Nah, kamu juga harus memastikan suhu kulkas berada pada suhu di bawah 5 derajat C dan freezer pada suhu minimal -18 derajat C guna mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur pada makanan.

Tutuplah juga pintu kulkas dengan rapat dan jangan menumpuk makanan di depan lubang udara agar suhu kulkas tetap dingin. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kulkas ya!

5. Letakkan makanan sesuai dengan masa simpannya

Jika makanan yang sudah lama atau mendekati tanggal kedaluwarsa, letakkan di bagian depan. Cara ini bisa membantu kamu agar lebih mudah menjangkau makanan yang sudah lama agar dapat segera dikonsumsi dan tidak terlanjur busuk.

Nah, itulah tadi sejumlah tips menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama. Semoga kamu dapat menjaga pola hidup yang lebih sehat!

Claudia