blank
Prof Dr Ir Hadiyanto ST MSc IPU menyampaikan materi dalam Coaching Clinic Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Terakreditas dan Bereputasi di Gedung V lantai 6 USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari pada Kamis (1/9/2022). (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Semarang (LPPM USM) menyelenggarakan Coaching Clinic Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi dan Bereputasi di Gedung V lantai 6 USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari pada Kamis (1/9/2022).

Kegiatan yang mengambil tema ”Menyiapkan Artikel Ilmiah Jurnal dari Laporan Penelitian”
tersebut diikuti ratusan dosen USM. Kegiatan dipandu oleh Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT.

Kegiatan menghadirkan narasumber Prof Dr Ir Hadiyanto ST MSc IPU (wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Pascasarjana Undip). HKegiatan tersebut dihadiri antara lain Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Ir Kesi Widjajanti SE MM.

Ketua LPPM USM, Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT berharap, melalui coaching clinic tersebut karya ilmiah para dosen USM menjadi lebih baik.
”Materi yang diberikan narasumber sangat bagus dan menarik. Kami berharap, ilmu yang didapat dari coaching clinic ini menjadikan karya ilmiuah para dosen USM menjadi bagus dan bisa dipublish di jurnal bereputasi,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Rektor II USM, Dr Titin Minarti SKom MM. ”Kami tunggu karya-karya ilmiah para dosen USM, karena hal ini membawa dampak positif bagi USM,” ujar Titin

Titin mengatakan, pihaknya akan mengupayakan reward bagi dosen yang karya ilmiahnya bisa terpublish di Jurnal Internasional Scopus 1,2,3,4. ”Kami akan memfasilitasi biaya penuh untuk jurnal yang akan ditampilkan pada pengajuan guru besar,” katanya.

Sementara itu, Prof Hadiyanto dalam materinya memberikan tips dan trik agar artikel ilmiah jurnal dari laporan penelitian dapat diterima dan publish pada jurnal bereputasi.

”Publikasi jurnal atau publikasi seminar (proceeding), publikasi jurnal lebih sulit dan memakan waktu, tapi kalau seminar lebih hemat waktu, sehingga bapak dan ibu bisa memanfaatkan itu,” ujar Hadiyanto

Yang perlu diperhatikan, katanya, harus ada data, up to date. Kemudian jurnal harus sesuai dengan ilmunya, dan mengandung unsur kebaharuan.

”Jadi harus ada yang membedakan dari penelitian sebelumnya. Kami berharap, setelah coaching clinic ini, Prof Muji bisa meningkatkan akreditasi jurnal-jurnal fakultas,” jelasnya.
Untuk memperdalam materi, para peserta di kelompokkan sesuai bidang ilmu masing-masing untuk mendapatkan bimbingan secara intensif.
Di akhir acara, peserta diharuskan membuat artikel yang akan dicoba di publish di jurnal ilmiah yang terakreditasi dan bereputasi.

Muhaimin