blank
Getuk Singkong. foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Getuk singkong merupakan jajanan tradisional yang kerap ditemukan di wilayah Jawa tengah dan Jawa Timur.

Dilansir dari Suara.com, cara membuat getuk singkong pun terbilang mudah. Sesuai dengan namanya, camilan ini terbuat dengan bahan dasar singkong yang kemudian dikukus setelah dihaluskan.

Getuk singkong sering disantap dengan kopi atau teh untuk camilan di pagi hari. Rasa getuk singkong yang manis akan terasa lengkap dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Baca Juga: Resep: Banh Khas Vietnam

Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan getuk singkong, simak resep getuk lindri dari kanal YouTube Chalistaa Kitchen berikut!

Bahan:
– 1 kg singkong (berat bersih, tanpa kulit)
– 13 sdm gula pasir
– 1 sdt vanili bubuk
– 2 sdm margarin
– 1/2 sdt garam
– Kelapa parut secukupnya
– Pewarna makanan

Cara Membuat Getuk Singkong
1. Pertama, kukus singkong yang sudah dibuang kulitnya dan dicuci dengan api sedang. Kukus selama kurang lebih 20 menit, pastikan singkong sudah benar-benar empuk.
2. Setelah dikukus, tambahkan singkong dengan gula pasir lalu tumbuk. Lakukan selagi singkong masih panas. Saat menumbuk, jika menemukan serat, buang. Haluskan sampai gula larut.
3. Selanjutnya, tambahkan margarin, vanili bubuk, dan garam lalu hancurkan kembali sampai benar-benar halus.

Baca Juga: Resep: Mangut Lele Khas Yogyakarta

4. Setelah singkong halus, uleni dengan tangan sampai adonan getuk kalis.
5. Berikutnya tempatkan adonan getuk ke tempat datar dan tidak lengket, ratakan untuk dibagi empat, lalu berikan warna berbeda pada masing-masing potongan.
6. Setelah itu, pipihkan masing-masing adonan dengan rolling pin atau botol kaca, rapikan bagian samping-samping supaya adonan berbentuk persegi atau persegi panjang.

7. Selanjutnya, potong tipis-tipis secara memanjang (jangan pisahkan setelah memotong), lalu bagi menjadi empat bagian dan tumpuk bagian-bagian tersebut menjadi satu.
8. Setelah menumpuk empat lapisan tersebut, potong-potong menjadi tiga bagian. Cara ini dilakukan untuk membentuk getuk singkong tanpa cetakan. Lakukan sampai semua adonan dengan berbagai warna habis.
9. Selanjutnya, taburkan kelapa parut di atas getuk singkong, pilihlah kelapa yang sedikit tua dan jangan kukus parutannya, biarkan tetap segar.
10. Getuk singkong siap disajikan.
Salah satu getuk yang paling populer adalah lindri. Selain membuatnya secara manual dengan pisau, Anda juga bisa memanfaatkan cetakan.

Salah satu keuntungan membuat getuk singkong sendiri adalah bisa mengkreasikan warna yang dipilih dan topping yang digunakan. Selain parutan kelapa, Anda juga bisa menaburi getuk singkong dengan gula.

Claudia