Masyarakat pembelajar Islami akan membentuk motivasi kuat jamaah masjid dan masyarakat sekitar untuk selalu meningkatkan iman-taqwa dan ilmu setinggi-tingginya sebagai manifestasi pengamalan iqra. Terbentuk pula suasana  beribadah dan berilmu sepanjang waktu, siang maupun malam, ditunjang lingkungan yang bersih sebagai manifestasi jiwa yang selalu menjaga thaharah.

Pada akhirnya, jika masyarakat pembelajar Islami telah terbentuk, maka Masjid akan yang selalu makmur siang dan malam karena banyaknya orang shalat fardhu maupun shalat sunnah, tadarrus Al-Qur’an, pengajian, halaqah, dan kegiatan lainnya. Banyaknya halaqah berdiskusi agama, ilmu, kemasyarakatan, perjuangan umat Islam, dsb di berbagai sudut kampus. Masjid menjadi tempat lahirnya generasi khaira ummah, generasi orang-orang salih yang insya Allah akan memberi kontribusi besar dalam membangun peradaban Islam di seluruh dunia.

Dr. Nuridin, M.Pd. dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA); dan Dr. Ira Alia Maerani, M.H. dosen Fakultas Hukum UNISSULA