blank
Lurah Sidoharjo, Jumaidi, menerima tropi juara lomba Kampung Pancasila, foto dengan Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto bersama pejabat TNI lainnya dan tokoh agama.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, berprestasi meraih gelar juara pertama lomba Kampung Pancasila. Untuk selanjutnya, mewakili Korem 074/Warastratama, akan maju ke jenjang lomba tingkat Kodam IV Diponegoro atau ke Provinsi Jateng.

Atas prestasinya itu, Sidoharjo, yang mewakili Kodim 0728 Wonogiri, Senin (28/8), menerima tropi dan piagam penghargaan dari Danrem 074/Warastratama. Yang penyerahannya dilakukan oleh Kasrem Letkol (Inf) Agus Adhy Darmawan.

Tropi juara diserahkan kepada Lurah Sidoharjo, Jumaidi, dengan didampingi Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto beserta Danramil 17/Sidoharjo Kapten (Inf) Totok Mardoyo bersama unsur Forkompimcamdan dan tokoh agama.

Mewakili Danrem, Letkol (Inf) Agus, mengucapkan selamat kepada Sidoharjo Wonogiri atas prestasinya yang memenangi lomba Kampung Pancasila. ”Semoga bisa menular ke desa-desa lain di sekitar, sehingga pencegahan paham radikalisme dan intoleransi bisa terwujud,” tandasnya.

Atas prestasi tersebut, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat dan jajaran Forkompimcam Sidoharjo serta para pihak terkait lainnya. Yang telah memberikan peran serta dan dukungannya, sehingga Sidoharjo meraih juara lomba Kampung Pancasila.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menambahkan, Kampung Pancasila merupakan program dan gagasan dari Bapak Kasad. Pancasila adalah falsafah dan pandangan Negara Indonesia yang telah kita sepakati bersama dan menjadi tujuan hidup kita.

Di dalam Kampung Pancasila, beragam agama yang dianut oleh masyarakat diupayakan semuanya harus guyup, berdampingan dan saling toleransi, tanpa ada rasa saling membenci. Melalui Kampung Pancasila, diharapkan menjadi inspirasi dalam membumikan dan membudayakan pengamalan Pancasila.

Bambang Pur