blank
BUBUR SURO - Warga tengah menyiapkan bubur Suro dengan lauk untuk dimakan bersama. Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan.

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Warga Krapyak Lor, Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan beramai-ramai memasak bubur suro untuk Festival Bubur Suro yang dihelat Minggu (28/8/2022) malam. Para bapak bergantian mengaduk bubur dalam dua wajan besar dan ibu-ibu meracik bumbu dan memasak aneka lauk bubur.

Festival Bubur Suro ini gelaran yang ditunggu masyarakat Kota Pekalongan setiap tahun, menyambut bulan Suro yang merupakan awal tahun dalam penanggalan Jawa. Kerinduan memasak, menyajikan, dan menikmati bubur suro bersama ini akhirnya terobati setelah dua tahun festival tak diselenggarakan. Tradisi ini mampu mengguyubkan warga Kelurahan Krapyak, pasalnya bubur yang dibuat tak sedikit, bahkan 3 ribu bubur dibagikan ke pengunjung.

Sejak Minggu pagi warga mulai berkumpul untuk memasak bubur bersama-sama. Bumbu bubur dimasak selama lima jam, beras juga direndam dulu selama dua jam, belum lagi memasak aneka lauk seperti ayam, perkedel, dan sebagainya. “Memasak bubur ini kami gunakan kayu bakar agar rasanya semakin lezat. Dalam satu wajan ini baru untuk 6 kg beras,” terang tokoh masyarakat Krapyak Lor Gang 9, Sholeh.

Ketua RT 02 RW 06 Krapyak Lor Gang 9, Hasanudin Umar menyampaikan, momen ini membuat warga-warga semakin rahat. Harapannya tradisi ini terus dapat dilestarikan. “Semoga ke depannya dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Kota Pekalongan dapat ditingkatkan. Semoga tradisi ini menjadi barokah untuk semuanya,” pungkas Hasan.

Nur Muktiadi