blank
Ilustrasi buah ceri. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini biasanya terjadi secara tiba-tiba serta menimbulkan rasa nyeri dan juga pembengkakan pada sendi.

Dilansir dari Suara.com, Asam urat bisa menyerang pada bagian sendi manapun yang ada pada anggota tubuh. Namun, umumnya kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian sendi di ujung jari kaki dan juga jari tangan, pergelangan tangan, hingga lutut.

Ada beraneka ragam faktor yang bisa mengakibatkan kadar asam urat dalam tubuh menjadi tinggi, misalnya saja dari mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Contohnya daging merah,seperti jeroan, dan juga makanan laut.

Baca Juga: Lima Khasiat Kulit Apel Bagi Kesehatan Wajah

Merangkum dari Alodokter, Hellosehat, Halodoc, SehatQ, Honestdocs dan Guesehat, berikut ini beberapa daftar obat asam urat alami dan tradisonal yang patut dicoba:

1. Baking Soda

Untuk mencari obat asam urat yang alami tidak usah jauh-jauh, karena beberapa diantaranya ternyata sudah ada loh di dapur kamu. Salah satunya yaitu dengan menggunakan baking soda yang biasa kamu pakai untuk pengembang kue. Baking soda bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi serta membantu untuk mengurangi rasa sakit yang ada di persendian, lho!

Cara membuatnya pun juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam sebuah gelas yang sudah diisi oleh air, kemudian aduklah hingga rata. Kamu bisa meminum campuran ini sebanyak 4 kali dalam sehari, tidak boleh lebih ya. Lakukanlah kegiatan ini selama 2 minggu.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Aprikot Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Kehamilan

Khusus bagi yang sudah berusia diatas 60 tahun, maka larutan ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3 kali sehari, ya. Apalagi bagi yang memiliki riwayat darah tinggi atau alias, ada baiknya jika lebih berhati-hati ketika mengonsumsi obat asam urat alami yang satu ini.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang acap kali dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah peradangan. Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa, jahe yang sudah diolah menjadi sebuah salep atau oles bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat.

3. Air lemon

Air lemon juga diyakini sebagai salah satu obat asam urat alami paling mujarab loh. Hal tersebut dikarenakan, minuman ini dianggap efektif untuk membuang tumpukan limbah asam urat.

Apalagi air lemon yang didalamnya mengandung asam sitrat, yang secara perlahan dapat membantu untuk menghilangkan asam urat.

Baca Juga: Camilan Kacang Mete Kaya akan Manfaat Yang Baik Untuk Tubuh, Simak Selengkapnya

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah lemon juga diklaim mampu untuk mengurangi kadar asam urat yang ada dalam darah.

4. Ceri atau Jus Ceri Asam

Menurut survei pada tahun 2016, berbagai jenis ceri, baik itu yang rasanya asam, manis, maupun yang berwarna merah atau hitam bisa dijadikan obat asam urat alami. Beberapa studi pada tahun 2012 pun turut mengungkapkan bahwa buah yang memiliki ukuran kecil ini juga memiliki manfaat untuk mencegah asam urat kambuh.

Kamu dapat mengonsumsi buah ceri ini untuk mengatasi penyakit asam urat. Kamu bisa memakannya secara langsung maupun dihaluskan dengan air dengan cara di jus. Suplemen yang terbuat dari ekstrak ceri pun sudah bisa kamu temukan di beberapa toko kesehatan loh.

Nah, itulah tadi beberapa daftar obat alami dan tradisonal untuk mengatasi permaslahan persendian yaitu asam urat, smeoga ulasan ini bermanfaat.

Claudia