blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ini adalah pertama kalinya Desa Tunahan mengadakan Festival Layang-Layang 2022 di Dukuh Karagan, Desa Tunahan, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Tim KKN Unisnu dan Kelompok Pemuda Guyub Rukun RT 13 RW 04 berkolaborasi dalam penyelenggaraan festival (13/8-2022).

blank
Tim Festival Layang-Layang (foto : iil)

“Tujuan diadakannya Festival Layang-Layang adalah memberikan nuansa baru pada penyambutan 17 Agustus di Dukuh Karagan,” ujar Harminto Mulyo, M.Kom Dosen pembimbing KKN Desa Tunahan sekaligus Dosen Prodi Teknik Informatika Unisnu.

Festival yang dikemas dalam kompetisi layang-layang ini menghadirkan dewan juri yaitu Arif Rahman Ketua perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia Kabupaten Jepara dan Yohanes Shefta Seniman dan Pegiat layang-layang.

Ada 9 peserta berkompetisi menerbangkan layang-layang kreasi mereka mulai dari jenis soangan, naga, dan bahkan ada kreasi unik berbentuk kapal, tengkorak, dan kuntilanak. Masing-masing peserta diberi kesempatan sebanyak 3 kali untuk menerbangkan layang-layang dengan waktu penilaian 5 menit setelah layang-layang berhasil terbang.

Juara 1 diraih oleh Ivan pemilik layang-layang nomor 3 dengan perolehan skor 325. Juara 2 diraih oleh Fais pemilik layang-layang nomor 6 dengan perolehan skor 320. Juara 3 diraih oleh Yanto pemilik layang-layang nomor 9 dengan perolehan skor 310.

Diana – Ill