Apa yang saya tulis ini dapat diambil pelajaran kita semua,  jangan mudah mengucapkan nazar yang nantinya justru  akan memberatkan dirinya. Dan karena tidak jadi merawat ibu, maka Tuhan mengembalikan tanah dan rumah itu melalui tamu, kemudian diserahkan kepada anaknya.

Rumah itu kemudian kami manfaatkan untuk operasional komunitas sosial. Namun itu pun tidak berlangsung lama. Setelah era Facebook, operasional komunitas cukup melalui Grup dan Whats Apps.

Sinyal Hewan

Tentang nazar, teman saya pernah nazar namun setelah hajatnyaberhasil dia lupa tidak melaksanakannya. Hingga suatu hari dia melihat ada ular di kamarnya, dan ketika akan diusir ular itu menghilang.

Baca juga Agar Rezeki Tidak Dipatok Ayam

 

Kata orang tua, kedatangan ular itu tandanya pernah nazar yang belum dilaksanakan. Wallahu a’lam. Tentang nazar, ada yang berpendapat bahwa nazar tidak berpengaruh terhadap takdir sehingga hajat menjadi cepat terkabul.

Keyakinan nazar itu bisa melancarkan harapan dan menolak bahaya disebutkan. “Nabi SAW melarang bernazar, beliau bersabda: ‘Nazar sama sekali tidak bisa menolak sesuatu. Nazar hanyalah dikeluarkan dari orang yang pelit.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kenapa disebut pelit?  Ya! Mereka mau berbuat baik karena ada sesuatu yang mengharuskan dia melakukan kebaikan. Ini pelajaran bagi kita, jangan melakukan nazar yang memberatkan seperti yang diutarakan Ibu yang tinggal di sebelah keluarga kami. Gurauan saya, karena dia tidak jadi merawat Ibu, maka Tuhan mengembalikan tanah itu ke anaknya melalui hamba-Nya.