epala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati, di dampingi Direktur Keuangan dan SDM PTSG Muchamad Supriyadi meninjau produk hasil olahan jagung.. Foto: Humas SG

Lanjut dia, pihaknya memilih jagung karena melihat potensi pertanian yang luar biasa di Rembang. Berdasarkan penelitian dari IPB, kata dia, pertanian jagung di Rembang memberikan kontribusi besar bagi kebutuhan di Jateng dan nasional.

”Upaya ini sebagai langkah nyata kami mendukung Dinas Koperasi dan UKM di Jateng untuk mendirikan klasterisasi jagung di BUMN-BUMN di Jateng dalam rangka membantu pelaku UMKM,’; kata Supriyadi dalam keterangannya.

Ditambahkan Supriyadi, selama ini pabrik Rembang sudah memanfaatkan bonggol jagung sebagai bahan bakar alternatif sebagai pengganti batu bara. Selain itu, bonggol jagung juga dimanfaatkan oleh pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Rembang untuk menghasilkan karya kerajinan.

Supriyadi berharap pengurus klaster jagung yang diketuai Sutiyono bisa lebih mengoptimalkan dukungan dari SIG dan Pemkab Rembang untuk lebih mendayagunakan jagung sebagai bahan makanan olahan yang bisa memberikan kesejahteraan, baik itu petani maupun UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ema Rachmati mengapresiasi  langkah strategis SIG bersama  Semen Gresik dalam klaseterisasi jagung sebagai komoditas unggulan di Rembang.  Dia berharap, agar klasterisasi jagung berhasil, maka dibutuhkan sinergitas bersama dengan semua stakeholder.

”Saat ini Rembang memang penuh dengan potensi mulai makananan/minuman, craft dan fashion yang  selama ini dibina oleh Rumah BUMN. Kini  saatnya pertanian jagung yang luar biasa di Rembang lebih dioptimalkan agar memberikan nilai sosial dan ekonomi yang tinggi bagi masyarakat,” tambahnya.

Ema menambahkan, guna meningkatkan keberhasilan potensi jagung di Rembang, setidaknya ada empat tahapan yang diperhatikan yaitu identifikasi potensi, rencana aksi bersama, perizinan legalitas usaha, serta riset dan teknologi.

Bupati Rembang Abdul Hafidz juga mengaku berterima kasih atas kerja sama yang terjalin erat antara SIG dan Semen Gresik yang banyak membantu ratusan petani di wilayah operasional. Dia berharap, pendampingan kepada petani intens dilakukan agar mereka terus berinovasi dalam pemanfaatan komoditas jagung.

wied