blank
Ketua PWI Jateng Amir Machmud ND, Ketua PWI DIY Don Hudono, Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul dan Manager Communcation, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jateng, Brasto Galih Nugroho dalam acara No Baper di Hotel Alila Solo. Foto: Widiyartono R.

Larangan Beli Pertalite Pakai Jerigen

Dalam kesempatan yang sama, Manager Communcation, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jateng, Brasto Galih Nugroho mengatakan, saat iniPertamina secara resmi melarang pembelian BBM jenis Pertalite di SPBU menggunakan jerigen.

“Ini dimaksudkan untuk menghindari Pertalite diperjualbelikan oleh pedagang pengecer, karena Pertalite merupakan BBM subsidi. Pertalite telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai BBM Khusu Penugasan, yang di dalamnya terdapat unsur subsidi dan kompensasi,” ujar Brasto.

Brasto juga menyampaikan, untuk pembelian solar, Pertamina melakukan pembatasan maksimal satu kendaraan mobil pribadi 60 liter per hari, untuk pengangkut barang atau oang 80 liter per hari.

Ketika ditanya bagaimana mengawasi pembatasan ini, menurutnya, Pertamina memiliki sistem. Tetapi diakui, belum bisa sepenuhnya melakukan pengawasan, apakah kendaraan tersebut membeli lebih dari ketentuan dalam sehari, dengan pengisian di tempat berbeda.

“Kami baru tahu setelah dilakukan pengisian, muncul notifikasi bahwa kendaraan tersebut sebelumnya sudah mengisi solar di tempat yang lain,” kata Brasto.

Widiyartono R