blank
Ilustrasi waktu. Foto: Pexels.com/Anastasiya Vragova/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu selama ini sudah memanfaatkan waktumu dengan baik? Jika kamu tidak bisa memanfaatkan waktumu dengan baik, kamu bisa rugi.

Karena waktu merupakan salah satu hal yang paling penting. Jika kamu tak bisa memanfaatkan waktumu, akibatnya kamu akan terjebak pada kehidupan yang kacau dan tidak teratur.

Kemampuan memanajemen waktu dengan tepat bisa membawa kita pada kesuksesan lebih dekat. Jika kita ingin lebih menghargai waktu, maka yang harus kita lakukan adalah mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik.

Dilansir dari Suara.com, berikut ini adalah beberapa tindakan sepele yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, yang tanpa kita sadari membuat waktu kita terbuang sia-sia.

1. Memprioritaskan pekerjaan yang tidak penting

Setiap orang pastinya memiliki beberapa pekerjaan dan kewajiban masing-masing. Terkadang pekerjaan tersebut menuntut penyelesaian dalam waktu yang hampir bersamaan. Pada saat inilah kita harus bisa menentukan prioritas pekerjaan mana yang lebih dulu harus diselesaikan.

Jangan sampai kita salah memilih prioritas. Jika demikian, dampaknya akan membuat kita mudah stres, merasa tertekan, dan tidak bisa menjalani hidup sehari-hari dengan tenang.

2. Menghabiskan waktu di media sosial

Ketika merasa jenuh dengan pekerjaan, kita pasti secara otomatis akan meraih ponsel dan membuka media sosial. Tanpa sadar, kita akan terus scrolling unggahan orang-orang hingga beberapa jam ke depan. Jika kita tidak bisa menetapkan batasan sendiri, kita akan terjebak pada keadaan kecanduan media sosial.

Kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di media sosial dan melihat berbagai unggahan orang lain tentang hidup mereka akan membuat kita merasa semakin kecil dan tertinggal. Lebih baik kita fokus mengerjakan hal yang bisa kita kerjakan daripada meratapi nasib dan iri pada pencapaian orang lain.

3. Mencoba multitasking

Karena banyaknya pekerjaan dan deadline yang hampir berbarengan, banyak orang-orang mencoba mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu atau biasa disebut multitasking. Padahal, multitasking hanya akan membuat fokus kita terpecah ke berbagai hal.

Memaksakan diri untuk mengerjakan semua tugas yang ada justru pada akhirnya membuat ritme pekerjaan jadi berantakan dan tidak terselesaikan dengan baik.

4. Tidak mempunyai jadwal harian

Tidak adanya jadwal harian membuat kegiatan seharihari menjadi berantakan dan tidak teratur. Dalam satu hari, kita pasti memiliki beberapa pekerjaan atau kegiatan penting yang harus dilakukan. Kapasitas kita untuk mengingat tentu saja terbatas, jadi tidak ada salahnya untuk membuat daftar atau jadwal harian.

Melalui jadwal harian, kita juga bisa mengetahui hal apa saja yang sudah berhasil kita selesai dalam satu hari tersebut. Dengan demikian, kita bisa melakukan evaluasi terhadap diri kita sendiri.

Mari kita mulai berbenah untuk membuat hidup kita semakin berkualitas dan semakin menghargai waktu.

Ning Suparningsih