blank
Sejumlah ASN di Pemkab Wonosobo juga mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual. Foto : Muharno Zarka

Cinta Pancasila

Detik-detik peringatan hari lahir Pancasila diikuti pula oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo secara virtual dari tempat kerja atau kantor masing-masing secara serempak.

Bupati Afif Nurhidayat mengatakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No : 24/2016, pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila dan tanggal itu sekaligus ditetapkan sebagai hari libur nasional.

“Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa yang harus diyakini bersama,” ujar pria yang pernah menjabat Ketua DPRD Wonosobo itu.

Dikatakan, seluruh ASN di jajaran Pemkab Wonosobo wajib mengikuti upacara peringatan tersebut. Upacara bisa diikuti di kantor instansi atau di rumah masing-masing secara virtual melalui layar kaca.

“Melalui upacara hari lahir Pancasila diharapkan mampu memperkuat kesetiaan sebagai warga negara dan ASN, agar selalu cinta terhadap Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang harus selalu dijunjung tinggi,” tandasnya.

Muharno Zarka