blank
Ilustrasi buah kiwi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Vitamin K termasuk dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K digolongkan dalam dua jenis yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membantu menjaga kesehatan jantung, berguna dalam proses pembekuan darah dan pembentukan tulang.

Fungsi vitamin K dalam pembekuan darah sangat berguna untuk mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan. Orang dengan gangguan pembekuan darah atau yang mengonsumsi obat pengencer darah harus memperhatikan asupan vitamin K. Vitamin K juga baik untuk kesehatan tulang karena membantu mengurangi risiko patah tulang.

Dilansir Suara.com, kebutuhan vitamin K untuk tiap orang berbeda-beda sesuai usia dan jenis kelamin. Jumlah yang disarankan adalah sebesar 120 mcg untuk pria dan 90 mcg untuk wanita.

Baca Juga: Rambut Sering Kering? Berikut 7 Produk Vitamin Rambut yang Wajib Dicoba!

Dilansir dari Verywellfit, sumber vitamin K dapat diperoleh dari makanan nabati, beberapa produk hewan dan juga keju. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin K dari beberapa jenis buah dan sayuran berikut ini.

1. Bayam
Satu cangkir bayam mengandung lebih banyak vitamin K dibanding jumlah yang disarankan untuk kebutuhan tubuh orang dewasa. Bayam juga bagus untuk memenuhi kebutuhan protein nabati bagi yang menjalani diet vegan dan vegetarian.

2. Kiwi
Kiwi adalah buah dengan kandungan vitamin K yang tinggi. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin C, vitamin E, potasium, folat dan lain-lain. Buah kiwi juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

3. Buncis
Buncis kaya akan nutrisi dan cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Mengonsumsi buncis sangat baik untuk mendukung asupan vitamin K bagi tubuh.

Baca Juga: 2.000 Ibu Hamil dan Menyusui di Solo Peroleh Donasi Multivitamin

4. Kubis
Kubis termasuk sayuran yang rendah kalori, karbohidrat dan lemak. Indeks gikemiknya pun kecil. Jika kamu ingin memperoleh manfaat vitamin K, kamu bisa memasukkan kubis ke dalam daftar menu harian makananmu.

5. Asparagus
Selain mengandung vitamin K, asparagus juga penuh nutrisi dan kandungan folat serta fiber. Asparagus juga memiliki kandungan protein.

6. Brokoli
Brokoli tergolong sayuran berkalori rendah, sehingga banyak dipergunakan untuk menu bagi yang sedang melakukan diet rendah kalori. Selain itu, brokoli baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terserang penyakit dan tentu saja brokoli menawarkan manfaat dari vitamin K.

Baca Juga: Kekurangan Vitamin D Sebabkan Resiko Penyakit Kardiovaskular dan Kanker

7. Kale
Kale sering disebut sebagai super food dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam kale terdapat mineral dan berbagai vitamin termasuk juga vitamin K tentunya.

Itulah beberapa sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin K. Kamu dapat mempertimbangkannya untuk menjadi bagian dalam daftar makanan yang kamu konsumsi.

Namun, tetap juga perhatikan agar tidak berlebihan dan tidak mengabaikan jenis makanan lain agar tidak mengalami kekurangan jenis vitamin dan mineral yang lainnya.

Claudia