Riska Andriyani peraih perak di nomor 1.000 meter kano putri pada SEA Games 2021 di Vietnam.

VIETNAM (SUARABARU.ID) – Kano dan kayak berhasil menambah perolehan medali bagi Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Kali ini, sumbangan medali tersebut datang dari cabang olahraga kano dan kayak yang mengamankan medali perak dan perunggu pada Selasa (17/05).

Melaju di Sungai Gia, Hai Phong, Vietnam, Riska Andriyani yang turun di nomor 1.000 Meter Kano Putri tampil apik. Dia finis di urutan kedua dengan catatan waktu 5 menit 9,230 detik dan berhak atas medali perak.

Medali emas didapatkan oleh Nguyen Thi Huong dari Vietnam, sedangkan perunggu jadi jatah Phyo Naing Thet dari Myanmar.

“Prediksi kami di nomor 1.000 meter ini memang perak dan perunggu karena sebelumnya kami menyiapkan di jarak 500 m, tetapi ada perubahan jadwal dari panitia, akhirnya kami mencoba di nomor ini. Semoga mudah-mudahan anak-anak bisa lebih baik lagi, karena sempat unggul hingga jarak 500m,” kata Pelatih kepala Tim Kano Indonesia Muhammad Suryadi.

Suryadi mengatakan peta kekuatan kano dan kayak di Asia Tenggara sudah mulai berubah. Ia bahkan tidak menyangka tuan rumah mampu tampil dominan.

“Sejak awal kami prediksi Thailand saingan terkuat karena mereka ikut Olimpiade, jadi kami fokus kalahkan Thailand. Namun, tuan rumah malah tampil sebagai juara. Ini di luar prediski,” kata Suryadi.

Sementara itu, pada Tim Kayak Putri yang diperkuat kuartet Stevany Ibo, Raudani Fitra, Cinta Nayomi, dan Aya Rahayu meraih perunggu di nomor 1.000 meter kayak four putri setelah finis di peringkat ketiga.

Mereka mencatatkan waktu 3 menit 45,932 detik. Tim Thailand berhak atas emas, dan perak direbut Vietnam.

“Ini masih hari pertama, kita masih bertanding di 17 nomor. Semoga kami bisa mendapatkan target yang kita usung sebelumnya,” ujar Suryadi.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor.

Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media.

Muha