blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyalami umat Budha pada perayaan Waisak 2022 Senin 16/5.(Foto:SB/Sie Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen memastikan pelaksanaan kegiatan Kebaktian Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2566TB di daerah tersebut berjalan aman.

Sejumlah personel Polres dan Polsek jajaran diterjunkan untuk mengawal jalannya kegiatan keagamaan di beberapa Vihara.

Bahkan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama Pejabat Utama Polres Senin (16/5) siang langsung menyambangi sejumlah Vihara. Seperti di Vihara Maha Dana, Kebumen, Vihara Tirta Dharma Loka, Kecamatan Sempor, dan Vihara Budhi Kirti, Kecamatan Kuwarasan.

Kapolres mengucapkan selamat kepada para umat Budha di Kebumen yang sedang merayakan waisak. Kapolres juga mengajak umat beragama terus menjaga toleransi agak suasana di daerah sejuk dan kondusif.

“Kami ingin memastikan semua berjalan aman dan lancar, sesuai harapan bersama. Dengan adanya pengamanan ini kami berharap dapat memberikan efek tenang dan khidmat umat Budhis dalam merayakan Waisak,”ungkap AKBP Burhanuddin didampingi Kabag Ops Kompol Mangarif di sela kegiatan.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama pejabat utama Polres berfoto bersama umat Budha di Vihara Tirta Dharma Loka Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, Senin 16/5.(Foto:SB/Medsos)

Setibanya di Vihara Tirta Dharma Loka, Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, AKBP Burhanuddin disambut oleh Romo Prapto Leksono dan para jemaat.

Dalam pesan Kamtibmasnya, Kapolres mengingatkan pentingnya toleransi dan kerukunan umat beragama dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Mari jaga toleransi antarumat beragama, untuk menciptakan situasi yang sejuk di wilayah masing-masing,”imbau Kapolres.

Sementara warga umat Budha di Kebumen berterima kasih atas kehadiran Kapolres dan Kapolsek serta pejabat utama di beberapa vihara. Kehadiran Kapolres semakin menambah rasa aman bagi umat merayakan Waisak tahun ini.

“Terima kasih Bapak Kapores Kebumen dan Bapak Kapolsek Sempor beserta jajarannya atas kehadiran dan motivasinya pada Peringatan Hari Tri Suci Waisak 2022 di Vihara Tirta Dharma Loka Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor Senin 16 Mei ini,”ujar tokoh masyarakat di Sempor.

Komper Wardopo