blank
Petugas memadamkan sisa api yang membakar rumah warga, pagi ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Diduga akibat konslet, rumah Jujuk Sumijo warga RT 4, RW 2, Bagongan, Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang,hangus terbakar hari ini, Kamis (28/4) pagi. Korsleting atau yang biasa disebut  konslet adalah istilah untuk arus pendek listrik.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang, Yogo Tri Subarkah, pagi ini menginformasikan, ketika salah satu anggota keluarga korban, yakni Nanda, sedang tidur, mendengar suara seperti petasan di atap rumah. Ketika itu saksi melihat api sudah membesar. Kemudian beberapa warga sekitar berusaha memadamkan dan melapor ke Kantor Damkar Kabupaten Magelang.

Menurut Yogo, laporan warga diterima Damkar pukul 07.51. Kemudian Tim Damkar berangkat menuju lokasi sekitar pukul 07.53. Upaya pemadaman pun dilakukan hingga pukul 08.21 WIB. Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta.

Berkat relatif cepatnya penanganan, jelas Yogo, bangunan tetangga yang terselamatkan sebanyak 20 rumah dengan 52 KK.

“Setelah mendapat laporan, regu piket regu Damkar Kabupaten Magelang langsung menindaklanjuti dan berangkat ke lokasi dengan mengirimkan tiga unit mobil pompa, dua unit tangki suplai, unit rescue, unit ambulans dan kurang dari satu jam api dapat dipangkas, di isolasi serta dipadamankan dengan aman dan selamat,” jelasnya.

Namun tidak hanya Damkar yang berperan. Instansi yang terlibat selainDamkar Kabupaten Magelang, juga petugas Polsek Mertoyudan, Koramil Mertoyudan, PMI Kota Magelang dan warga sekitar.

Eko Priyono