blank
Ilustrasi mengurangi rokok. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjaga kesehatan mulut di bulan Ramadan penting demi menjalani ibadah puasa yang aman dan nyaman. Pakar mengingatkan bahwa menjaga kesehatan mulut tidak hanya dilakukan dengan sikat gigi saja.

Dilansir Suara.com, Senin (18/4/2022), Drg. Rosdiana Nurul Annisa, Sp.KG dari Universitas Indonesia mengatakan berhenti merokok juga merupakan cara tepat untuk menjaga kesehatan mulut.

“Hindari rokok, karena rokok itu panas sehingga menyebabkan mulut kering,” kata Rosdiana.

Baca Juga: Tiga Tips Mengatasi Lemas Saat Bepuasa di Bulan Ramadan

Ketika berpuasa selama belasan jam, produksi air liur yang berfungsi jadi pembersih rongga mulut berkurang karena tidak ada aktivitas makan dan minum selama beberapa waktu.

Mulut yang kering meningkatkan peluang bagi bakteri dan virus dalam menyerang gigi dan gusi, berujung kepada penyakit dan bau mulut yang tidak sedap.

“Bau mulut bisa disebabkan oleh fisiologis dan patologis,” jelas dokter yang praktik di RS Pelni itu.

Baca Juga: Tujuh Tips Belajar Daring yang Efektif untuk Pelajar

Dia mencontohkan, bau mulut fisiologis disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu yang menimbulkan aroma, misalnya pete, jengkol atau makanan yang mengandung banyak bawang.

Jika ingin bebas bau mulut, dia menyarankan untuk menghindari atau mengurangi asupan makanan tersebut.

“Patologis bisa karena ada gigi berlubang, jadi makanan terjebak di lubang dan sulit dibersihkan, ada bakteri di sana sehingga bikin bau tidak nyaman,” ujar dia.

Baca Juga: Benarkah Ghibah di Bulan Ramadan Membatalkan Puasa?

Karang gigi juga dapat jadi penyebab bau mulut patologis. Dengan menyelesaikan masalah-masalah yang ada di rongga mulut, seperti membersihkan karang gigi dan menambal gigi berlubang, maka bau mulut dapat diatasi.

Dikutip dari The Daily Star, membersihkan sela-sela gigi setelah buka puasa dan sahur diperlukan agar tidak ada makanan yang menyangkut di antara gigi.

Kemudian sikatlah gigi selama dua menit setelah setelah sahur dan sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan permukaan lidah.

Baca Juga: Benarkah Menyikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa?

Berkumur dengan cairan obat kumur juga dibolehkan, tapi sebaiknya jangan pilih cairan yang mengandung alkohol.

“Karena alkohol membuat mulut kering,” kata Rosdiana.

Claudia