blank
Kue Sus. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kue sus vla vanila menjadi salah satu kudapan yang kerap ditemukan dalam sajian berbagai acara.

Dilansir dari Suara.com pada Senin (18/4/2022),isian vla vanila yang manis berpadu dengan lembutnya kulit sus menjadi perpaduan yang sempurna dan tidak akan mengecewakan indra perasa.

Selain bisa ditemukan dengan mudah, baik pasar tradisional hingga penjual kue di mall atau restoran, kamu juga bisa membuat kue sus sendiri di rumah. Dilansir dari kanal YouTube Dapur Nana’s, berikut resep kue sus vla!

Baca Juga: Resep Lumpia Basah Bagi Penderita Hipertensi

Bahan-bahan:

– 150 gr tepung terigu protein sedang
– 250 ml air
– 100 gr margarin
– 4 butir telur
– 1 sdt gula pasir

Bahan vla Susu/Vanila:

– 500 ml susu UHT full cream
– 100 gr gula pasir
– 2 butir kuning telur
– 50 gr tepung maizena
– 30 gr margarin
– 1/2 sdt vanila essens
– Garam

Baca Juga: Resep: Kue Bawang

Langkah-langkah:

1. Pertama, buat vla terlebih dahulu dengan mencampur tepung, gula pasir, vanila essens, dan 250 ml susu cair. Aduk sampai tepung maizena larut
2. Setelah itu, tambahkan kuning telur dan aduk kembali. Jika sudah, tuangkan susu yang tersisa.
3. Selanjutnya masak adonan vla dengan api kecil, sambil terus diaduk supaya tidak mengendap dan gosong. Tambahkan sedikit garam sambil mengaduknya. Aduk lagi sampai adonan vla memunculkan gelembung-gelembung.

Baca Juga:Resep: Bola Kurma dengan Nutella

4. Setelah itu, tambahkan margarin ke dalam adonan. Aduk sebentar sampai margarinnya mencair.
5. Selanjutnya, tuangkan vla yang sudah matang ke dalam mangkuk dan tutupi dengan plastik wrap sampai rapat. Pastikan bahwa penutup mengenai bagian vla supaya tidak bagian atas vla tidak mengering.
6. Sementara itu, siapkan kulit sus dengan memanaskan margarin dengan 250 air. Lalu, masukkan margarin dan gula pasir. Masak sampai benar-benar mendidih.
7. Matikan api jika margarin sudah mendidih dan tambahkan tepung terigu. Aduk sampai tidak terlihat adanya gumpalan.
8. Setelah itu, masak lagi dengan api kecil sambil terus diaduk sampai adonan kalis.

Baca Juga: Resep: Tom Yum Seafood

9. Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam wadah, tunggu sampai dingin.
10. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius, atas dan bawah, selama 10 menit.
Setelah adonan kulit sus kering, tambahkan kuning telur satu per satu. 11. Campurkan dengan mixer sampai merata dan adonan memiliki konsistensi yang cukup lengket.
12. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam cetakan piping bag, lalu masukkan kembali ke dalam piping bag yang sudah diisi spuit. Jangan lupa untuk memotong ujung piping bag.

Baca Juga: Resep: Kue Keciput Keju ala Devina

13. Kemudian, cetak adonan kulit sus di atas loyang yang sudah diolesi margarin atau dilapisi baking paper. Jangan lupa memberi jarak antar cetakan sus.
14. Setelah itu, masukkan adonan sus yang sudah dicetak ke dalam oven yang tadi sudah dipanaskan dengan suhu 200 derajat celcius selama 20 menit.
15. Setelah 20 menit, turunkan panas ke 180 derajat celcius, dan oven kembali selama 20 menit atau tunggu sampai buih pada kulit sus hilang supaya sus tidak mengempis.
16. Jika kulit sus sudah mulai kecoklatan, keluarkan sus dari dalam oven.
Berikutnya, potong sus menjadi dua bagian (jangan sampai benar-benar terpotong) dan memasuk vla yang sudah disiapkan. Lakukan sampai semua sus terisi vla
17. Kue sus siap disajikan.

Itulah resep kue sus vla yang bisa kamu coba buat di rumah. Selamat mencoba!

Claudia