blank
Ilustrasi kencur. Foto: Elements Envato

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kencur merupakan salah satu bumbu dapur (bumbu pawon) yang jarang digunakan untuk memasak.

Selain sebagai bumbu dapur, kencur mempunyai manfaat untuk kesehatan yang jarang disadari, salah satunya yaitu mengobati batuk.

Rimpang ini masih satu keluarga dengan jahe. Tidak heran jika bentuk keduanya mirip dan membuat banyak orang bingung membedakan antara kencur dengan jahe.

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai campuran makanan tertentu, kencur juga dapat diolah menjadi minuman menyegarkan. Salah satu contohnya yaitu minuman beras kencur yang banyak dijual dipasaran.

Dilansir dari Suara.com (situs resmi Hello Sehat.com) terdapat 4 manfaat kencur untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mengobati batuk berdahak. Banyak orang yang menggunakan kencur dengan campuran garam sebagai obat batuk alami, terutama saat berdahak. Jadi, batuk berdahak yang dialami bisa reda dengan lebih cepat saat rutin mengonsumsi kencur. Selain itu juga membuat pernapasan lebih lega.

2. Mengobati diare. Selain mengobati batuk, kencur juga mampu mengobati diare. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science, disebutkan bahwa ekstrak dari kencur mempunyai kandungan antibakteri serta zat sitotoksik cukup banyak.

Berdasarkan penelitian inilah kencur dipercaya merupakan salah satu solusi bagi penderita diare. Bahkan sudah dibuktikan melalui penelitian kepada hewan, hasilnya gejala diare penerima ekstrak kencur lebih ringan dan berangsur hilang.

3. Mencegah timbulnya karies gigi. Manfaat kencur untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah karies gigi. Bakteri Lactobacillus acidophilus penyebab kerusakan gigi yang berkembang, seperti karies bisa terhambat melalui konsumsi rimpang satu ini karena sifatnya yang antimikroba.

Biasanya penyakit satu ini sering dialami oleh anak-anak. Bila gigi rusak, bisa menimbulkan berbagai permasalahan yang mengganggu kesehatan, seperti sakit gigi bahkan berpotensi terkena infeksi.

4. Mengurangi dampak stres. Manfaat terakhir yang tidak banyak orang ketahui adalah mengurangi dampak stres. Diteliti bahwa kencur mempunyai sifat antidepresan, baik rimpang maupun daunnya yang dapat memberikan dampak menenangkan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Jahangirnagar bagian departemen farmasi yang berasal dari Bangladesh. Hal inilah yang membuat kencur banyak dipakai orang untuk mengurangi dampak dari kondisi stress, gelisah bahkan depresi.

Dampak konsumsinya terhadap pengguna, akan berbeda untuk setiap orang. Pasalnya, berbagai jenis obat-obatan itu tidak akan sama khasiatnya antara individu satu dengan lainnya. Namun, tidak ada salahnya mencoba, dengan harapan memperoleh manfaat kencur bagi kesehatan.

Ning