blank
Ilustrasi gambar lemas saat puasa. Foro: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bulan Ramadan meruakan bulan istimewa yang bagi umat Islam seluruh dunia. Ini adalah saat ketika umat Islam terhubung lebih dalam dengan agama mereka, merenungkan diri mereka sendiri, dan memberi kembali kepada komunitas mereka.

Namun, kadang puasa membuat tubuh lemas. Lantas, adakah tips mengatasi lemas saat puasa?

Dilansir dari Suara.com, puasa selama Ramadan merupakan kegiatan menahan rasa lapar dan haus dari subuh hingga petang selama sebulan penuh. Oleh kerana itu, tak jarang tubuh menjadi lemas saat sedang berpuasa.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Melansir dari Healthline, Kamis (14/4/2022), berikut ini beberapa cara mengatasi lemas saat puasa sehingga Anda bisa menjalankan puasa dengan aman dan sukses selama Ramadhan.

1. Jangan lewatkan makan sahur

Hanya ada dua kesempatan untuk makan selama Ramadan, yaitu di pagi hari sebelum matahari terbit (sahur) dan setelah matahari terbenam di malam hari (buka puasa/bedug maghrib). Makan sahur bisa dengan mudah dilewati, karena sulit untuk memiliki nafsu makan di pagi hari.

Namun, pakar kesehatan menjelaskan bahwa sangat penting bagi Anda untuk tidak melewatkan waktu makan sahur. Pilihan makanan yang Anda buat akan mempengaruhi energi Anda sepanjang hari. Anda bisa menambahkan sayuran, buah-buahan dan biji-bijian ke menu makan sahur Anda.

Baca Juga: Tujuh Tips Belajar Daring yang Efektif untuk Pelajar

2. Hidrasi

Minum air putih itu sangat penting dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kurang minum air putih dapat mengakibatkan suasana hati yang buruk dan peningkatan rasa lemas dan lelah. Ini dapat mempengaruhi tingkat energi.

Menjaga asupan air juga dapat membantu mengelola kondisi kesehatan kronis dan berperan dalam mencegah dan mengobati sakit kepala, migrain, batu ginjal, sembelit, serta memelihara tekanan darah. Selain itu, tetap terhidrasi juga menurunkan nafsu makan.

Anda bisa menggunakan waktu sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam sebagai kesempatan untuk rehidrasi dan memenuhi asupan air yang direkomendasikan . Tutup botol air sepanjang malam dan minum bila memungkinkan.

Baca Juga: Tips Rasulullah Puasa Saat Cuaca Panas dan Terik Matahari Sangat Menyengat

3. Sadar akan porsi

Ramadan bukanlah acara satu hari, ini merupakan tradisi selama sebulan. Meskipun berbuka puasa adalah perayaan, makan makanan tradisional setiap malam mungkin bukan ide yang baik. Setelah seharian tidak makan dan merasa lapar, makan berlebihan juga biasa terjadi.

Hal ini, dapat memicu rasa lemas dan lelah di pagi hari serta penambahan berat badan selama bulan Ramadan. Dianjurkan agar berbuka puasa dengan makan kurma, buah-buahan, dan minum air.

Demikian tips mengatasi lemas saat puasa yang perlu diketahui. Semoga tips ini bermanfaat. Yuk tetap semangat menjalankan ibadah puasa.

Claudia