blank
POPDA Kudus 2022 menjadi ajang penjaringan bibit atlet pelajar berprestasi. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus sukses menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kudus 2022 pada akhir Maret lalu. Ajang ini terbilang cukup sukses untuk mengukur keberhasilan pembinaan atlet pelajar, meski dua tahun sebelumnya harus vakum akibat pandemi Covid-19.

Kabid Olahraga pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Minan Muhammad mengatakan secara penyelenggaraan, POPDA Kudus 2022 terbilang cukup berhasil dari sisi kuantitas peserta. Sementara, dari kualitas, kemampuan atlet-atlet pelajar yang ada di Kudus ternyata juga cukup baik.

“Meski dua tahun vakum akibat pandemi, namun antusiasme peserta masih sangat tinggi. Selain itu, kualitas para atlet pelajar di Kudus juga cukup memuaskan,”kata Minan Mochamad, Senin (11/4).

Minan mengungkapkan pada POPDA Kudus 2022 yang digelar antara 21 Maret-27 Maret 2022 tersebut, mempertandingkan 32 cabang olahraga, termasuk ekshibisi dan mandiri. Penyelenggaraan POPDA Kudus 2022 juga dalam rangka mengukur keberhasilan pembinaan olahraga di tingkat pelajar.

Menurutnya, meski intensitas berlatih atlet pelajar jauh berkurang akibat harus menjalani pembelajaran secara daring, namun kualitas mereka saat POPDA Kudus 2022 silam, ternyata tidak mengecewakan.

Minan menambahkan, dalam pelaksanaan Popda kali ini merupakan bagian dari penjaringan bibit muda di bidang olahraga. Sebab, dalam praktiknya nanti atlet yang bertanding adalah mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

“Beberapa atlet bahkan terlihat cukup menonjol dan memiliki potensi untuk bersaing di tingkat regional maupun nasional,”paparnya.

Minan mengakui, keberhasilan pembinaan atlet-atlet muda tersebut juga tak lepas dari sinergitas dengan Pengkab Olahraga yang ada di Kabupaten Kudus. Sebab, selain berlatih di sekolah, banyak atlet-atlet muda yang juga ikut berlatih di Pengkab Olahraga yang ada.

“Jadi, memang ada sinergitas yang sangat baik yang sudah terjalin selama ini antara Disdikpora dan Pengkab-Pengkab Olahraga yang ada di bawah KONI,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata Minan, POPDA Kudus 2022 tersebut ini juga persiapan menuju Popda Jateng yang dijadwalkan berlangsung Juli 2022 yang digelar melalui dua gelombang, yakni gelombang pertama 12-15 Juli dan kedua 16-19 Juli 2022.

Beberapa cabang olahraga dari Kudus tidak perlu melalui seleksi tingkat keresidenan karena Popda sebelumnya mendapat juara atau runner up sehingga mendapatkan “wildcard” atau cabang yang diikutsertakan ke dalam undian kejuaraan atas kebijakan organisasi penyelenggara turnamen. Cabang yang mendapatkan “wildcard”, yakni Voli Indoor Putra dan Voli Pantai putra.

Tm-Ab