blank
Kafilah Kota Magelang saat dilepas Wali Kota Muchamad Nur Azis, (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kafilah Kota Magelang tampil sebagai juara Nasyid TKQ (Taman Kanak Al-Qur’an)  salah satu kategori dalam ajang  Festival Anak Sholeh (FASI) Ke XI di Palembang, 24- 27 Maret 2022.

Dari total 41 kafilah Jawa Tengah, Kota Magelang memberangkatkan 7 anak pada ajang kompetisi tiga tahunan tersebut.

Ketua Rombongan Kafilah yang juga Ketua Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Kota Magelang, Bahrudin menerangkan, semua kafilah  berhasil menyabet juara.

‘’Selain menjuarai Nasyid TKQ, kafilah Kota Magelang juga tampil sebagai juara III Nasyid TPQ dan ketegori menggambar,’’ katanya melalui rilis, Rabu (30/3).

Atas prestasinya itu, selain menerima hadiah juara nasional, juga mendapatkan gratis berangkat umroh. Agar agenda hadiah umroh itu tetap berjalan, maka dibutuhkan solusi bagaimana anak-anak itu bisa berangkat dengan pendampingnya.

‘’Saya sudah melaporkan prestasi ini kepada Wali Kota Magelang dan mendapat apresiasi yang cukup bagus. Para kafilah dan pendampingnya akan diundang untuk buka puasa bersama di rumah dinas sebagai salah satu bentuk apresiasinya,’’ ungkapnya.

Bahrudin menuturkan, keberadaan TPQ selama ini mengakar dan memberikan kontribusi yang besar terhadap lingkungan masyarakat. Dalam memberikan layanan pendidikan Alquran dan pembelajaran akhlak, ini merupakan garda terdepan yang memberikan asupan keagamaan sejak dini.

Seperti diberitakan beberapa hari lalu, sebanyak tujuh santri asal Kota Magelang mengikuti Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) Ke-XI Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, 24-27 Maret 2022.

Mereka terbagi dalam tiga kelompok. Yakni Taman Kanak Al Qur’an (TKQ) untuk usia dibawah 7 tahun, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) untuk usia dibawah 12 tahun, dan Ta’limul Quran lil Aulad (TQA) untuk usia dibawah 15 tahun.

Keberangkatan mereka waktu itu dilepas Wali Kota Muchamad Nur Aziz di Pendapa Pengabdian Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Senin (21/3).

 

Doddy Ardjono