blank
Siswi SMP Negeri 1 Wonogiri, Annatasya Purpitasari (ketiga dari kanan) meraih gelar juara pertama di event bergengsi Kerjurnas Judo Kasad Cup Ke XIII Tahun 2022 di Cilodong, Depok, Jabar.

DEPOK (SUARABARU.ID) – Dua atlet dari Kabupaten Wonogiri, berhasil mempersembahkan prestasi yang prestisius di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kasad Cup XIII Tahun 2022.

Keduanya adalah Annatasya Puspitasari siswi SMP Negeri 1 Wonogiri meraih gelar juara pertama, dan Nesia Aza Pungkasari siswi SD Negeri 2 Giritirto Wonogiri meraih juara tiga.

Pelatih judo Wonogiri, Sutarto dan Si Be Budiyono, semalam, mengabarkan, Kejurnas judo piala Kasad Ke XIII digelar di Gedung Olahraga (GOR) Cilodong, Depok, Jawa Barat (Jabar). Berlangsung dari Jumat (25/3) sampai dengan Minggu (27/3) besok.

Sutarto, mantan atlet judo Jateng yang banyak membukukan prestasi tingkat nasional di kejuaraan SEA Games, mengatakan, Annatasya adalah putri Pak Gendut, penjual Sea Food di Gudangseng Wonogiri. Kemudian Neisa adalah keponakan Pelatih Judo Wonogiri Si Be Budiyono.

”Keduanya adalah atlet judo yang selama ini giat berlatih dari Dojo Gajah Mungkur Wonogiri,” jelas Sutarto. Gelar juara pertama Annatasya, tambah Si Be Budiyono, diraih setelah mengalahkan pertandingan di nomor final melawan pejudo Aulia Sintya.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irjenad Letjen TNI Wisnoe P.B, mengatakan, Kejurnas Judo Kasad Cup merupakan kalender rutin tahunan Pengurus Besar PJSI.

Kejurnas yang memperebut piala bergilir Kasad ini, bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga judo sebagai ajang pembinaan yang berkesinambungan dan menjadi tolok ukur pembinaan olahraga judo di Tanah Air.

Muda Berprestasi

Harapannya, mampu mencetak pejudo-pejudo muda berprestasi yang dapat mengikuti program Pelatnas dalam rangka persiapan menghadapi event regional dan internasional.

Termasuk dalam upaya mempersiapkan kejuaraan Asian Games XIX 2022 di Hangzhou, Tiongkok, dan SEA Games XXXI 2022 di Vietnam. Selain itu, event Kejurnas ini menjadi ajang untuk pengumpulan nilai/poin, menuju PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut.

Rencananya, pada Kejuraan Judo Kasad Cup ke XIV pada tahun depan, akan turut juga dilombakan kelas militer. Sehingga ke depannya, TNI-AD akan menghidupkan kembali Persatuan Judo Angkatan Darat (PJAD).

Terkait itu, masing-masing Kotama diminta mempersiapkan dan membina para atletnya. Markas Divisi-1 Kostrad, akan dijadikan sebagai training center untuk pejudo TNI-AD.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, menegaskan, di Kejuaraan Judo Kasad Cup XIII ini mulai dipertandingkan kategori Cadet.

Harapannya, dapat menjadi kadet atlet judo nasional yang diprojeksikan untuk Kejuaraan SEA Games, Asian Games sampai dengan Olimpiade.

Kejurnas Judo Kasad Cup XIII Tahun 20202, diikuti 470 atlet dari 23 provinsi di Indonesia, berlangsung sampai Minggu (27/3) besok.

Mempertandingkan kelas perorangan, meliputi Kelas Junior di bawah 15 tahun, Kelas Senior di atas 15-9 tahun, Kelas Cadet 12-14 tahun, serta beregu Nageno Kata dan Juno Kata.berlangsung hingga 27 Maret 2022.

Bambang Pur