blank
Pasien RSP saat menerima santunan dari IZI Jateng. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day), Rumah Singgah Pasien (RSP) IZI mengadakan talkshow dengan tema ‘Healthy Life to Fight Cancer’.

Peringatan World Cancer Day (WCD) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan RSP IZI sebagai wujud kepedulian terhadap kanker, terkait upaya edukasi, pencegahan, deteksi dini, pengobatan dan rehabilitatif terhadap kanker.

Selain itu, ada juga pemberian santunan kepada para pasien kanker sebagai wujud kepedulian RSP IZI.

Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro menyampaikan komitmen IZI peduli terhadap pasien kanker. “RSP merupakan rumah singgah atau hunian sementara untuk pasien yang mayoritas sakitnya kanker, dan rumahnya di luar kota,” ungkap Djoko.

Bahkan RSP IZI pernah menerima pasien dari Kalimantan. “Saat ini RSP IZI dapat menampung 16 pasien, namun jika tidak pandemi dapat menampung hingga 32 pasien,” ujar Djoko.

Djoko menyampaikan, pada tahun 2022 ini, WCD dihadirkan dalam bentuk baru berupa talkshow yang menghadirkan dokter sebagai ahli dan penyitas untuk sharing dan motivasi.

Kegiatan WCD nampak berbeda karena mampu berkolaborasi dengan banyak pihak dan dinas terkait. “Sesuai komitmen RSP IZI, yakni memberikan hunian sementara secara gratis untuk para pasien kanker, konsumsi gratis hingga akomodasi ambulans gratis. Dengan bersinergi bersama dinas dan pihak terkait, semoga lebih bermanfaat,” tuturnya.

Dalam talkshow sendiri dihadiri lebih dari 40 orang. Sementara dari dinas terkait yang hadir antara lain, Nur Dian perwakilan dari DKK Semarang, Mufid, S.Kep, Ners, MH perwakilan RSUP dr. Kariadi, Attan Navaron, S.HI perwakilan Kemenag, Mugiyanto, S.Sos, MM selaku Kepala Markas PMI, dan Hendra Cahyo Utomo perwakilan YBM PLN UP2D Jateng-DIY.

Pada kesempatan itu hadir juga para pasien RSP IZI, perwakilan rumah singgah di Semarang, mahasiswa, Lurah Bojongsalaman dan warga sekitar.

Menurut Mufid, S.Kep, Ners, MH, perwakilan RSUP dr. Kariadi, bahwa RSUP dr. Kariadi telah memiliki pusat pelayanan kanker terpadu. “Satu gedung khusus pelayanan kanker (Kasuari), dan pelayanan adil merata berlaku untuk para pasien. Terkait rumah singgah, RSUP dr. Kariadi juga memiliki, namun seringkali penuh. Maka dengan adanya RSP IZI sangat membantu pasien-pasien RSUP dr.Kariadi yang berasal dari luar kota yang perlu rumah singgah,” jelasnya.

Dalam talkshow, dihadirkan narasumber yakni dr.Wasisto Ito Yudisaputro, Sp.B., M.Si.Med, dan dokter onkogi RSUP dr.Kariadi.

Dijelaskan bahwa kanker bisa diobati, dicegah dan dikontrol, maka masyarakat diminta untuk hidup sehat sebagai usaha pencegahan, sering melakukan check up sebagai usaha kontrol, dan tidak ragu memilih medis sebagai usaha pengobatan kanker.

“Terimakasih, sudah boleh tinggal di RSP, dan dikasih santunan juga. Maturnuwun IZI,” ucap Nur Sri Rejeki, pasien RSP kanker serviks asal Pekalongan.

Ning