blank
Ketua PCNU Kebumen KH Moh Dawamudin Masdar dan Ketua Paintia Gowes NU Imam Satibi pada Rapat Persiapan Harlah NU di Kampus UMNU Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Harlah NU Ke- 96 pada Januari 2022 dan 16 Rajab Tahun Islam yang akan jatuh 17 Pebruari 2022 akan menjadi momen  penting  bagi perjalanan sejarah panjang NU.

Terlebih tahun ini dibarengi dengan semangat pengurus baru PBNU yang terpilih pascamuktamar di Lampung di bawah kepemimpinan Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf.

Pengurus PCNU Kebumen mengagendakan berbagai kegiatan. Salah satunya yakni gowes atau sepeda santai keliling kota Kebumen dengan hadiah sepeda motor, sepeda hingga kambing.

Ketua Panitia Gowes NU Kebumen Dr Imam Satibi MPdI menjelaskan, pihaknya telah mengadakan rapat yang dipimpin Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Moh Dawamudin Madar di Kampus UMNU Kebumen, Jalan Kusuma,  Minggu (23/1).

Menurut Imam Satibi, kesempatan tersebut menjadi energi baru bagi PCNU Kebumen. Selain itu, PCNU Kebumen juga memiliki agenda besar dalam berbenah Menjelang Masuknya NU Abad Kedua.

Ketua Tanfidziyah PCNU Moh Dawamudin menyatakan, guna memantik ghiroh perjuangan warga NU Kebumen untuk  berkhidmat pada Nahdlatul Ulama, serta membangun soliditas dalam memasuki Abad II NU, maka Gowes Keliling Kota menjadi kesempatan strategis untuk membangun ukhuwah nahdiyin dan ukhuwah wathoniyah.

Peserta Telah Vaksin dan Patuhi Prokes

Menurut Imam Satibi,  tema gowes keliling kota adalah bahagia bersama NU. Hal ini diperkuat dengan peluang global hari ini dimana peradaban dunia akan memasuki abundance area yaitu era kesejahteraan.

Baik karena pengaruh bonus demografi maupun transformasi digital serta perubahan iklim. Hal itu yang akan menjadi isu besar dalam gowes keliling kota dengan Start kampus IAINU dan Finish Kampus UMNU Kebumen.

Panitia akan menyediakan berbagai door prize menarik dari sepeda motor, kambing, sepeda dan ratusan hadiah hiburan. Peserta Gowes adalah umum warga NU dengan syarat telah vaksin dan  tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Pelaksanaan gowes 13 Februari 2022.

Selain Gowes, Harlah NU juga menyelenggarakan apel, mujahadah, ziarah kubur ke pengurus NU, halaqoh dan sarasehan.

Selain itu guna memeriahkan Harlah NU, PCNU Kebumen membuat edaran kepada organ-organ NU di semua level serta rumah rumah warga NU untuk memasang bendera NU, terhitung 27 Januari- 17 Februari 2022.

Komper Wardopo

Agenda Harlah NU di Kebumen:

  1. Pengibaran Panji- panji NU di seluruh rumah wargaNU dan lembaga, kantor, pusat-pusat kegiatan NU mulai 27 Januari- 17 Pebruari 2022.
  2. Apel Harlah serentak 31 Januari 22 di masing-masing satuan NU
  3. Mujahadah serentak pada 17 Februari/ 16 Rajab di seluruh satuan NU
  4. Ziarah Makam Ulama NU. Jumat 16 Rajab, dibagi menjadi 7 tim.
  5. Halaqoh NU menggundang PBNU dan PWNU Jateng. Waktu menyesuaikan.
  6. Sarasehan bersama Pemda 16 Rajab.
  7. Gowes NU 13 Februari 22. Start IAINU – Jalan KH. Hasyim Asyari- Jalan Cendrawasih – Tugu Lawet – Alun alun- Jl HM Sarbini- Finish UMNU Kebumen.(KWd)