blank
Apel Bulan K3 Nasional di Lingkungan Internal PLTU Tanjung Jati B

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2022 yang berlangsung 12 Januari 2022 hingga 12 Februari 2022, PLN UIK Tanjung Jati B menyelenggarakan Apel Bulan K3 Nasional di Lingkungan Internal PLTU Tanjung Jati B, Selasa (18/1-2022)

Apel K3 diikuti oleh seluruh perwakilan masing-masing manajemen perusahaan dari bidang K3 ataupun HSE/EHS di PLTU Tanjung Jati B. Acara yang  berlangsung di Gedung Energo PLTU UIK TJB ini menghadirkan Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati, Muktiati. SKM., MKes sebagai pembicara.

blank
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB), Rachmat Azwin

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB), Rachmat Azwin dalam sambutannya menegaskan,  salah satu wujud komitmen “Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia” maka masing-masing entitas perusahaan di PLTU Tanjung Jati B telah pada era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi informasi.

BACA JUGA PLN UIK Tanjung Jati B Siapkan Wahana Edukasi Kelistrikan untuk Masyarakat

Entitas perusaaan tersebut khususnya  PT PLN UIK TJB, PT Central Java Power, PT TJB Power Services, PT KPJB, PT Adhi Guna Putera, PT Pelayaran Bahtera Adhi Guna dan PT PJB Services

blank
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB), Rachmat Azwin tandatangani Komitmen Bersama K3 2022

Rachmat Azwin menjelaskan, dengan berbasis teknologi informasi, maka  implementasi Budaya K3 diwujudkan dalam  aplikasi yang  mengakomodir pelaporan temuan ketidaksesuaian terhadap Aspek K3 dan Aspek Teknis serta untuk me-monitoring tindak lanjut dari temuan ketidaksesuaian atas temuan tersebut.

“Implementasi atas pelaksanaan Budaya K3 yang berbasis teknologi informasi telah berjalan dengan baik di area PLTU Tanjung Jati B yang dibuktikan oleh Maturity Level pada Pelaporan “Inspekta” memperoleh nilai 4 (dari nilai Maks 5)”, ungkap Rachmat Azwin.

blank
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB), Rachmat Azwin serahkan penghargaan karyawan teladan K3

Pada kesempatan tersebut  Rachmat Azwin juga mengajak semua fihak untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap K3, “Mari kita tingkatkan Budaya K3 sebagai bentuk perwujudan komitmen terhadap K3 untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan K3. Juga  peningkatan  kesiapsiagaan seluruh pegawai PLTU TJB dalam mengendalikan, mencegah serta menghadapi setiap risiko kegiatan perusahaan yang berdampak pada K3,”ujarnya

BACA JUGA Hindun Anisah Ajak Santri Ambil Peluang Go-Digital di Era NFT dan Metaverse

Sebagaimana pelaksanaan K3 di lingkungan perusahaan, PLN UIK TJB setiap minggunya, jajaran Manajemen PLN UIK TJB dan Aset Owner serta Aset Operator berkolaborasi dan bersinergi melakukan walkdown inspektion untuk me-mapping semua kebutuhan K3.” tambahnya..

Senada dengan Rachmat Azwin, Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati, Muktiati. SKM, MKes juga menyampaikan tentang pentingnya kesadaran dan komitmen terhadap K3. “Sesuai dengan tema Bulan K3 Nasional 2022, yaitu “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja Di Era Digitalisasi”, maka  perlindungan dan jaminan terhadap tenaga kerja itu prioritas yang harus diutamakan,” ujar  Muktiati.

Selanjutnya puncak Apel Bulan K3 Nasional ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama K3 2022 oleh seluruh manajemen PLTU Tanjung Jati B, serta pemberian Penghargaan Karyawan Teladan K3.

BACA JUGA Cuaca Buruk, Syahbandar Jepara dan Karimunjawa Imbau Kapal Tak Berlayar

Ada sebanyak 31 karyawan yang mendapat penghargaan sebagai karyawan teladan K3, yaitu karyawan atau pekerja PLTU Tanjung Jati B khususnya Security, Driver dan Cleaning Services dengan penerapan K3 terbaik dalam melaksanakan pekerjaan setiap hari di sepanjang tahun 2021.

Kepada mereka masing-masing diberikan apresiasi yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pekerja dalam penerapan K3, selain itu program ini juga berjalan secara kontinyu setiap tahunnya agar menjadi stimulus bagi pekerja untuk menerapkan K3 dalam setiap pekerjaannya khususnya di PLN UIK Tanjung Jati B.

Hadepe