blank
Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerja Tahun 2022 oleh UPT se-Eks Karesidenan Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerja Tahun 2022 oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Eks Karesidenan Semarang, berlangsung di Graha Yasonna H. Laoly Badiklat Hukum dan HAM Jateng, Kamis (13/1/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai awal komitmen dalam pencapaian tujuan pentingnya profesionalisme dan integritas pelaksanaan pelayanan publik, memerlukan perubahan sistem, mindset, birokrasi, percepatan teknologi dan inovasi, didukung dengan mengutamakan akuntabilitas.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A. Yuspahruddin pada kesempatan ini hadir bersama seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Yuspahruddin menyampaikan, sesuai dengan apa yang diikrarkan, yaitu menekankan pentingnya integritas moral dan tanggung jawab, yang dimulai dari pimpinan hingga ke jajaran di bawahnya, sebaik-baiknya dalam bekerja dan sesuai dengan aturan.

“Karena atas dasar aturan yang jelas, maka suatu tindakan atau pekerjaan bisa dikatakan sah, demikian pula sebaliknya,” kata Yuspahruddin.

“Jangan sampai UPT terutama se-Eks Karesidenan Semarang ada yang bermasalah, karena ini akan menyumbangkan permasalahan untuk Kanwil Jawa Tengah,” tegasnya.

Yuspahruddin menyampaikan, target pembangunan ZI Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah adalah 50% UPT mendapat predikat WBK-WBBM untuk tahun ini.

Menurut Yuspahruddin, pihaknya akan terus berupaya memberikan penguatan-penguatann kepada jajarannya, dengan menghadirkan narasumber-narasumber dari Kementerian PANRB, untuk meningkatkan kualitas pembangunan ZI di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang, Supriyanto telah menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Para Kepala Unit Pelaksana Teknis dan para Pejabat Struktural di jajarannya yang berasal dari 13 Unit Pelaksana Teknis se-Eks Karesidenan Semarang.

Mereka adalah Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang, Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah, Balai Harta Peninggalan Semarang, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Semarang, dan Rumah Detensi Imigrasi Kelas I Semarang.

Selain itu juga Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Semarang, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambarawa, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendal, Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Kendal, Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIB Plantungan, dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Salatiga.

Sementara dalam pembacaan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022 diikuti seluruh jajaran, yang dipimpin oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendal, Samsul Hidayat, bertujuan mengukuhkan komitmen Insan Kemenkumham agar bekerja sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Sementara penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerja sendiri bertujuan sebagai alat kendali kinerja secara berjenjang, guna memastikan seluruh sasaran dan target dapat tercapai dengan baik, dan berkualitas, dilakukan oleh Kepala UPT dengan pejabat struktural di jajarannya, yang disaksikan oleh Kepala Kanwil.

Ning