blank

KENDAL(SUARABARU.ID)- Bupati Kendal bersama Baznas dan Dinas PUPR Kabupaten Kendal meninjau lokasi longsor yang berada di Perumahan Siberi Desa Banjarejo Kecamatan Boja, Selasa (11/01/2022).

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto melihat langsung kondisi rumah yang mengalami longsor termasuk melihat kondisi rumah yang terkena longsoran bangunan rumah.

Dico M. Ganinduto mengatakan, pihaknya telah meminta Dinas PUPR untuk membantu dalam permasalahan teknis yang nantinya akan mendampingi pihak desa dalam menyelesaikan permasalahan.

“Bencana longsor yang terjadi pada Kamis 6 Januari 2022 lalu, akibat adanya curah hujan yang tinggi di daerah ini dan Alhamdulillah tidak membawa korban jiwa. Saat ini kami akan bantu evakuasi lewat Dinas PUPR dan pihak desa serta melakukan musyawarah bersama agar kedepan tidak terjadi lagi rumah yang roboh akibat hujan deras,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Pada kesempatan ini, Bupati bersama dengan Baznas memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 60 juta secara simbolis yang diserahkan kepada kepala desa.

Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat digunakan semaksimal mungkin untuk merehab rumah lagi.

Ketua Baznas Kendal, Syamsul Huda menyampaikan bahwa secara teknis akan diserahkan kepada pihak PUPR Kendal, sedangkan Baznas akan membantu dalam pembuatan talud dan renovasi rumah korban saja.

“Untuk prioritas pertama akan dibangunkan talud terlebih dahulu, setelah itu baru rumah para korban. Untuk renovasi rumah, tentu akan dibantu oleh pihak Baznas karena prinsip kami adalah peduli dengan adanya musibah ini,” jelas Syamsul Huda.

Menurut Syamsul Huda, musibah longsor yang terjadi pada 6 Januari 2022 lalu, ada 9 rumah yang mengalami kerusakan.

Empat rumah rusak berat, empat rumah rusak sedang dan satu rumah rusak ringan. Agung