blank
MoU KONI Surakarta dengan Bank Jateng Cabang Surakarta, dilakukan di Kampus UTP Surakarta, Sabtu (18/12/2021). Foto: spr

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Ketua Umum KONI Kota Surakarta, Lilik Kusnandar menegaskan, semua cabang olahraga di bawah kepemimpinannya, akan dibuatkan rekening di Bank Jateng.

Dijelaskan dia, uang pembinaan, uang insentif atlet dan lain-lainnya, tidak serta merta diberikan langsung secara tunai. Namun dipindahkan dari rekening KONI ke rekening cabang olahraga, melalui Bank Jateng.

Hal itu seperti yang disampaikan Lilik, seusai penandatanganan MoU KONI Surakarta dengan Bank Jateng Cabang Surakarta, serta KONI dan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, di Kampus UTP, Sabtu (18/12/2021).

BACA JUGA: Cabor Kickboxing Jateng Miliki Potensi Besar

Menurut dia, jika ada keperluan seperti membutuhkan peralatan untuk kepentingan atlet, dan ternyata anggaran dari KONI belum keluar, maka Bank Jateng akan memberikan pinjaman terlebih dahulu.

Sebaliknya, jika dana dari KONI telah turun dan cabor dapat anggaran, baru dapat dibayarkan ke Bank Jateng.

”Kami merasa bersyukur, atas kerja sama pengelolaan dana untuk kepentingan cabang olahraga di KONI Kota Solo melalui Bank Jateng ini,” kata Lilik dalam keterangannya.

BACA JUGA: Pentingnya Komunikasi KONI dengan Pemerintah dan DPRD

Ditambahkan dia, bentuk kerja sama kedua belah pihak ini, akan dimulai dan berlaku pada Januari 2022 mendatang.

Sementara itu, Pimpinan Bank Jateng Cabang Surakarta, Djaka Nur Sahid mengungkapkan, semua agenda kegiatan KONI Surakarta oleh Bank Jateng di wilayahnya, akan selalu di-support. Termasuk dalam pengelolaan keuangan KONI, melalui dana Non Tunai.

”Ini semua dipusatkan di rekening cabor-cabor dalam satu bank. Sehingga tinggal pemindahbukuan semua kebutuhan KONI Surakarta, kepada masing-masing cabor secara non tunai. Ini dengan tujuan, sebagai wujud transparasi dan mudah pelaporannya,” tegas Djaka.

BACA JUGA: Sikapi Omicron, Sekda Wonosobo : ”Arahan Presiden Jangan Panik dan Patuhi Prokes”

Pada kesempatan yang sama, Rektor UTP Prof Dr Ir Tresna P Soemardi SE MS mengaku bersyukur, karena pihaknya mendapat kepercayaan dari KONI Surakarta, dalam upayanya untuk saling mendukung prestasi atlet.

Prof Tresna menyatakan itu, usai dilakukannya penandatanganan kerja sama antara KONI Surakarta dengan UTP Surakarta. Disebutkan dia, pihak UTP ingin melahirkan SDM dosen dan mahasiswa untuk menjadi atlet prestasi, didukung ketersediaan sarana dan prasarana olahraga di Kampus UTP, berupa sport center.

”Kami senang atas terjalinnya kerja sama ini, dengan adanya sport center milik UTP di Kabupaten Karanganyar. Semoga dengan adanya sport center ini, bisa menciptakan atlet potensial dari Kota Surakarta,” tutur dia.

BACA JUGA: LPPL Slawi FM Terbaik Tingkat Nasional

Secara terpisah, Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana menambahkan, tiga institusi yang berbeda itu patut mendapat apresiasi yang mendalam, dalam upayanya membangun olahraga prestasi di Jateng.

”Kami sangat mendukung dan merespon mereka, dan ini berarti turut memikirkan bagaimana meningkatkan pengelolaan administrasi keuangan secara transparan. Di satu sisi, ada institusi perguruan tinggi yang ikut ambil bagian membantu sumber daya manusia lewat upayanya mencetak atlet andal,” tegas Bona Ventura.

Sigit PR-Riyan