blank
Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, ketika memberikan sambutan pada Raker KONI Kota Surakarta, di Kampus UTP, Sabtu (18/12/2021). Foto: spr

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Plt Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana berharap, pembinaan prestasi olahraga di Kota Surakarta lebih maju dibandingkan daerah lain. Sehingga kota ini menjadi barometer pembinaan olahraga di daerah sekitarnya.

Hal itu seperti yang disampaikannya dalam Rapat Kerja KONI Kota Surakarta 2021, di Kampus Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Sabtu (18/12/2021). Menurut Bona, Raker KONI ini juga sangat strategis, jika dikaitkan dengan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI, yang rencananya digelar 2023 mendatang.

Dalam raker ini juga akan merumuskan konsep pembinaan atlet berprestasi, dengan harapan lahirkan atlet potensial bagi Kota Surakarta.

BACA JUGA: Membanggakan Jepara, Vannesa Almayra Nugroho, Sabet Juara I Kompetisi Media Promosi Kesehatan Tingkat Nasional

”Kami yakin, potensi olahraga di Kota Surakarta jika dilakukan secara benar dan sungguh-sungguh, tentu akan menciptakan atlet berprestasi untuk kepentingan daerah ini, sekaligus bagi Jateng,” tutur Bona Ventura.

Sementara itu, Kadisporapar Kota Surakarta Joni Hari Sumantri, ketika membuka raker mengatakan, perlunya kolaborasi dan komunikasi pengurus KONI wilayah ini dengan pihak-pihak terkait, utamanya dengan pemerintah dan DPRD. Apalagi jika dikaitkan dengan urusan anggaran, tentu KONI Surakarta membutuhkan campur tangan walikota dan anggota dewan.

”Jika sudah menyangkut urusan dana untuk kepentingan atlet, pasti mintanya ke walikota dan dukungan dari DPRD,” ungkap Joni.

BACA JUGA: DPRD Wonosobo Selesai Bahas Raperda Usulan Eksekutif

Pada kesempatan yang sama, Rektor UTP Surakarta, Profesor Dr Ir Tresna P Soemardi SE MS menambahkan, secara kelembagaan KONI memiliki peran sentral dalam pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.

Itulah sebabnya, pihaknya sangat tergerak ikut terlibat dan berkontribusi langsung dalam kelembagaan olahraga ini.

”Melalui Program Studi Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga di UTP, kami mendukung serta membantu, agar KONI Surakarta dan Provinsi Jateng lebih mampu dalam meningkatkan prestasi para atlet,” imbuh dia.

Raker KONI Surakarta ini juga ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara KONI Surakarta dan UTP, serta MoU antara KONI dan Bank Jateng Cabang Surakarta.

Sigit PR-Riyan