blank
Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen. Foto: Ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap varian baru Covid-19, Omicron dan tetap mengetatkan protokol kesehatan.

Apalagi, sebentar lagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), sehingga berpotensi ada kerumunan masyarakat.

“Kita harus siaga betul. Tanggal 16 kemarin sudah diumumkan, di Indonesia sudah ditemukan varian covid-19 baru, Omicron,” kata Taj Yasin di SMA Islam YMI Wonopringgo, Pekalongan, Sabtu (18/12/2021).

Menurut Taj Yasin, hingga saat ini, varian Omicron ini terus dipelajari metode penanganannya. Oleh karenanya, wagub meminta agar masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak berkerumun dan selalu menerapkan protokol kesehatan serta 5M.

“Biasanya di musim Nataru itu, banyak orang berkerumun. Banyak melakukan kegiatan memperingati tahun baru, di lapangan, di sebuah tempat. Kali ini dilarang. Bukan kami melarang memperingati tahun baru namun kami melarang berkerumun, ingat prokesnya tetap harus dilaksanakan,” tandasnya.

Diinformasikan sebelumnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan varian Omicron ditemukan melalui hasil tes tiga orang petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta.

Tiga orang tersebut menjalani tes pada tanggal 8 Desember 2021 dengan hasil positif. Kemudian oleh pemerintah sampel ketiganya diujikan pada Genome Sequencing pada 10 Desember.

Hasil yang muncul pada 15 Desember menyatakan satu orang terdeteksi varian Omicron. Ketiganya kemudian menjalani karantina di Wisma Atlet. Setelah dites kembali, hasilnya sudah negatif.

Hery Priyono