blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pelaku media sosial sangat potensial jika mau bergerak bersama untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi guna membentuk kekebalan komunitas.

Disamping itu juga sangat efektif untuk menangkal penyebaran hoax ysng tujuannya antara lain untuk menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi saat bertemu dengan para pegiat medsos Jepara, Rabu malam (15/12-2021).

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Sosronongrat Serambi Belakang pendopo ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara.

Acara dikemas dalam Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19, kepada pelaku media sosial.

Hadir juga  Ketua DPRD Haizul Maarif, Kejari Jepara Ayu Agung, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) KH. Mashudi, Polres dan Kodim 0719/Jepara.

Bupati juga mengingatkan   sebentar lagi kita akan menghadapi Nataru. Mari kita saling menjaga agar Jepara bebas dari Covid-19,” pinta Bupati Jepara.

Sebelumnya Kadiskominfo Jepara Arif Darmawan mengungkapkan pencegahan Covid-19 ini merupakan tugas bersama termasuk termasuk para influencer, kaum muda, pegiat media digital, yang dirasa dapat membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Salah satu yang masih menjadi masalah yaitu hoaks dan vaksinasi.

Sementara Ketua FKUB Jepara KH. Mashudi mengatakan, Covid-19 ini musuh bersama yang harus dilawan. Karena musuh kali ini kasat mata (tidak terlihat), sampai kapanpun harus tetap waspada.

“Menjelang Natal dan Tahun Baru 202, kita harus waspada dengan kondisi yang nyaman ini. Meskipun jumlah kasus kecil, tidak menutup kemungkinan bisa melonjak lagi,” kata dia.

Sedangkan Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif menyampaikan pandemi Covid-19 ini merupakan pagebluk. Peran pemuda, penggiat medos penting untuk membangun optimisme Jepara agar lebih baik.

“Hoaks luar biasa terkait Covid-19. Saya harapkan influencer ini mampu memfilter dalam pemberitaan. Setiap informasi yang diposting harus sudah melakukan tabayun atau klarifikasi yang benar,” katanya.

Pada akhir acara Bupati Jepara Dian Kristiandi mengucapkan terima kasih seluruh komponen tenaga kesehatan, TNI, Polri, Kejaksaan, seluruh kelompok masyarakat yang terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara.  Hingga saat ini, tinggal menyisakan 3 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Ini harus tetap dijaga agar tidak bertambah lagi, sembari melakukan percepatan vaksinasi.

Hadepe – Alvaros