blank
Wabup Boyolali Wahyu Irawan (kiri) dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo (kanan), mendampingi Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono (tengah), saat melakukan kunjungan kerja di Boyolali, Jumat (10/12/2021). Foto: antara

BOYOLALI (SUARABARU.ID)– Penderita covid-19 Kabupaten Boyolali kini tinggal tiga orang, dan tidak ada satu pun yang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

”Angka kasus aktif covid-19 di Boyolali sepekan terakhir ini terus menurun, dan per tanggal 9 Desember 2021 tersisa tiga orang, serta yang dirawat di rumah sakit nol,” kata Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, saat menerima kunjungan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, di Pendapa Gede Boyolali, Jumat (10/12/2021).

Dia mengatakan, tiga penderita covid-19 yang tersisa masih menjalani karantina. Lalu dua orang menjalani isolasi mandiri, dan satu orang menjalani karantina di fasilitas isolasi terpusat.

BACA JUGA: Semen Gresik Gunakan Bonggol Jagung sebagai Bahan Bakar Alternatif untuk Produksi

Saat ini Pemkab Boyolali terus menjalankan upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19, termasuk melakukan penegakan protokol kesehatan dan menggiatkan pelaksanaan vaksinasi.

Di Kabupaten Boyolali, hingga 9 Desember 2021 vaksinasi covid-19 dosis pertama sudah dilakukan pada 736.527 orang atau 88,13 persen dari sasaran. Dan vaksinasi dosis kedua telah dilakukan pada 654.998 orang atau 78,37 persen dari target. Pada kelompok warga lanjut usia, vaksinasi dosis pertama sudah dilakukan pada 88.296 orang atau 74,46 persen dari sasaran.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan menyampaikan, ada tiga hal penting yang harus dilakukan pemkab saat ini. Yakni mengatasi penularan covid-19 dalam waktu sesingkat-singkatnya, menuntaskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 secepatnya, dan melakukan transformasi di bidang kesehatan.

BACA JUGA: Walikota Bandung Oded M Meninggal Dunia Saat Kegiatan Shalat Jumat

Dengan jumlah penderita covid-19 tinggal tiga orang dan cakupan vaksinasi sudah 80 persen secara keseluruhan, dan 70 persen lebih pada warga lanjut usia, Wakil Menteri Kesehatan menilai, Pemkab Boyolali telah menjalankan upaya penanggulangan covid-19 dengan baik.
​​​​​​
”Kami doakan tempat lain di Solo Raya agar segera seperti Boyolali, sehingga nanti akan tercapai transformasi kesehatan dalam waktu sesingkat-singkatnya,” harap dia.

Selain bertemu dengan Wakil Bupati, Wakil Menteri Kesehatan selama mengunjungi Boyolali juga meninjau RSUD Pandan Arang, SD Negeri 9 Boyolali (sekolah sehat), Desa Pranggong (desa sehat), dan Puskesmas Kecamatan Andong.

Riyan