blank
Warga bersama TNI bergotong royong menyingkirkan tanah longsor yang menutup jalan. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Tebing setinggi 50 meter dan lebar 20 meter longsor menutup akses jalan desa, tepatnya di Dusun Glondong Duwur, Desa Wulunggunung, Sawangan.

Kades Wulunggunung, Munawar, menuturkan, hujan dengan intensitas sedang menyebabkan rekahan pada tebing, sehingga tebing setinggi 50 meter tersebut longsor dan menutup jalan.

“Longsor terjadi kemarin sore (Kamis,9/12) sekitar pukul 16.00 wib, sehingga menutup jalan penghubung dua desa, yaitu Desa Wulunggunung menuju Desa Banyuroto,” katanya.

Lebih lanjut Munawar menyampaikan bahwa hari ini perangkat desa bersama masyarakat dan dibantu anggota Koramil 12/Sawangan menyingkirkan material tanah longsor tersebut.

“Pagi ini kami dengan warga dibantu anggota Koramil Sawangan membersihkan material longsor dengan alat seadanya seperti cangkul, sekop dan lainnya,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Babinsa Wulunggunung, Koptu Uttoro, bahwa dirinya bersama warga bahu-membahu menyingkirkan longsoran tanah dengan peralatan seadanya.

“Saat ini upaya menyingkirkan longsoran tanah sudah selesai, jalan sudah bisa dilalui roda dua maupun roda empat, akan tetapi harus hati-hati karena jalannya licin,” katanya, siang ini.

Danramil 12/Sawangan Kapten Arh Suhadi mengatakan bahwa dalam penanganan tanah longsor harus mengutamakan faktor keselamatan. Karena tebing yang di atas masih ada rekahan dan sewaktu-waktu bisa terjadi longsor susulan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati setiap kali hujan, terutama di daerah rawan bencana,” katanya.

Eko Priyono