Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Asep Nurdiana mengapit dua pelajar putri yang meraih juara pada Festival Tunas Bahasa Ibu se Jateng di Solo.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Siswa-siswi di Kabupaten Kebumen mampu meraih  prestasi membanggakan pada Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) di Hotel Lor In Solo, 20 November 2021.

Pada cabang Menulis Geguritan putra meraih Juara ke-2 atas nama Zulfi Bakhtiar, siswa kelas IX dan Nabila Ajeng Indriana kelas IX.  Keduanya kebetulan berasal dari SMP N 1 Ambal.

Untuk cabang mendongeng tingkat SD atas nama Annayla Riandra Adhysha P, meraih juara Harapan III dari SD N 4 Kutosari.

Menurut Ketua MGMP Bahasa Jawa di Kebumen sekaligus guru Bahasa Jawa dSMP N 1 Karangsambung Eko Wahyudi kepada Suarabaru.id Selasa (23/11),  kegiatan tersebut sebagai upaya memartabatkan dan melestarikan bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa.

Pelajar SMPN Ambal, Kebumen, Zulfi Bachtiar mampu meraih Juara Dua pada Cabang Menulis Geguritan Festival Tunas Bahasa Ibu se Jateng di Solo.(Foto:SB/Ist)

Wujud apresiasi dalam bentuk kompetisi kemampuan berpidato, menulis dan membaca geguritan, membaca dan menulis aksara Jawa, dan mendongeng yang diikuti para pelajar.

Selanjutnya diharapkan para pelajar bangga karena masih banyak generasi muda Kebumen yang mencintai bahasa dan budaya Jawa.

Kegiatan tersebut juga merupakan ruang yang leluasa, bahwa nasib bahasa Jawa di dalam kurikulum sering terabaikan. Namun Pemerintah melalui Kemdikbud bekerja sama dengan Badan Bahasa, dan Balai Bahasa Jateng, telah memberikan fasilitasi luar biasa.

Kami seolah-olah yang terserak selama ini dapat bersatu kembali mencintai bahasa Jawa. Seluruh kabupaten dan kota bisa saling menunjukkan apresiasinya di tingkat Provinsi Jateng,”ujar Eko Wahyudi .

Hardi Nugroho, guru SMPN Ambal menambahkan, selama dua hari Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah di Solo, Kepala Dinas Pendidkan Kebumen Asep Nurdiana terus mendampingi para pelajar Kebumen yang tampil dan selalu memberi motivasi hingga selesai.

Komper Wardopo