Bimtek "Pesta Dansa" yang digelar Disdukcapil Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonosobo mengenalkan program baru untuk mendorong masyarakat semakin menyadari pentingnya pencatatan administrasi kependudukan.

Dalam acara Bimbingan Teknis bagi para Kepala Sub Bagian Pelayanan terpadu Kecamatan se-Wonosobo di Pibee Resto, Kepala Dinas Dukcapil, Tarjo menyebut program baru yang menjadi inovasi jajarannya tersebut dengan istilah “Pesta Dansa”.

Program baru “Pesta Dansa” atau pelayanan buat bisa ke semua kecamatan dan desa-desa ini, katanya, ditunjukan untuk memangkas prosedur pengurusan administrasi kependudukan,

“Sehingga masyarakat menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan kebutuhan mereka terkait data-data dan dokumen yang diperlukan,” ungkap Tarjo, yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Bappeda Wonosobo itu.

Era digitalisasi, diakui Tarjo, memang menuntut setiap pemangku jabatan terkait untuk siap melayani masyarakat dengan beragam kebutuhan yang semakin kompleks. Karena itu, diperlukan ketelitian, kecermatan namun tetap harus cepat dan akurat.

Menurutnya, berbagai bentuk pelayanan publik telah dilakukan, misalnya pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, pengaduan, serta pengayoman kepada masyarakat Wonosobo, bahkan program jemput bola pun sudah dilaksanakan.

Pelayanan Cepat

Kepala Disdukcapil Wonosobo, Tarjo. Foto : SB/dok

“Namun memang belum tersedia aplikasi khususnya sehingga kemudian muncul “Pesta Dansa ini. Diharapkan inovasi baru tersebut akan mempermudah dan mempercepat pelayanan kependudukan bagi masyarakat”,” lanjut Tarjo.

“Pesta Dansa” yang dimaksudkan untuk memperpendek atau memangkas prosedur pelayanan. Sehingga menjadi lebih cepat dan akuntabel, menurut Tarjo, telah disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait, salah satunya dengan menyebarkan spanduk-spanduk ke seluruh desa sebagai bentuk ajakan guna mensukseskan program tersebut.

“Langkah kongkrit sudah dilakukan dengan menjalin hubungan kerja sama dengan OPD bersangkutan dalam bentuk sosialisasi. Sehingga semua elemen dapat memberikan masukan, saran dan kritik yang membangun untuk evaluasi bersama,” tandasnya.

Melalui Bimtek kepada para Kasubag Paten Kecamatan se-Wonosobo tersebut, pihaknya berharap agar nanti inovasi “Pesta Dansa” dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat dan menjadi sarana yang bermanfaat untuk akurasi data kependudukan di Wonosobo.

Muharno Zarka