DPRD Kabupaten Jepara bersama dengan FORKI menggelar kejuaraan kabupaten (kejurkab) tingkat Kabupaten Jepara di Gedung Wanita Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)– DPRD Kabupaten Jepara bersama dengan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) menggelar kejuaraan kabupaten (kejurkab) tingkat Kabupaten Jepara selama dua hari, mulai hari Sabtu (20/11-2021) di Gedung Wanita Jepara.

Program kejuaraan yang diselenggarakan Ketua Umum Pengurus Cabang FORKI Kabupaten Jepara, Haizul Ma’arif, ini bertajuk “Piala Ketua DPRD Kabupaten Jepara 2021” bertemakan “Kegiatan Satukan Tekad Raih Prestasi Menuju FORKI Jepara EMAS.”

Para peserta mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan FORKI di Gedung Wanita kabupaten Jepara.

Kejuaraan ini diikuti oleh seluruh Ranting, Dojo, Klub, maupun siswa sekolah se-Kabupaten Jepara. Kelas yang dipertandingkan adalah meliputi putra dan putri pra-anak usia dini, Anak Usia Dini, Pra-Pemula, Pemula, Kadet, Junior, dan Senior. Para peserta beradu mulai dari Kata Perorangan, Kata Beregu, Gabungan Kata Beregu, dan Kumite -25 Kg hingga +84 Kg.

Kejuaraan ini akan memperebutkan Piala Tetap untuk juara umum 1, 2 dan 3 serta medali penghargaan dan piagam prestasi  bagi Juara Perorangan dan Beregu.

Menurut, Haizul Ma’arif menyatakan pembinaan karate sejak usia dini sangat penting sekali. “Pada usia ini perlu dibina dan diberikan penanaman karakter sehingga anak dapat memiliki rasa tanggung jawab, sopan dalam beretika, rendah hati, menghargai terhadap sesama, dan berjiwa kesatria,” ujarnya.

Lebih lanjut, karakter muda harus di dorong untuk mengenali potensi diri dan berprestasi melalui latihan yang  sistematis dan terancang serta aktif ikut serta dalam event-event pertandingan karate. “Seorang karateka diuji fisik dan mentalnya untuk dapat mengalahkan ego dan emosi dalam diri sendiri ketika mengalahkan lawan dalam arena pertandingan. Yang tak kalah penting, seorang karateka harus memiliki jiwa sportif, peduli terhadap sesama dan berbudi luhur,” ungkap Haizul.

Melalui pembinaan karate diharapkan membentuk karateka yang berprestasi. “Selain itu ajang kompetisi karateka yang diselenggarakan di kabupaten Jepara ini juga berguna untuk pendataan data base FORKI Jepara dan sebagai ajang seleksi pembentukan tim Forki Jepara untuk mengikuti pra Kualifikasi Porprov 2022,” tambahnya.

Alvaros