Kepala UPT Pengembangan Bahasa Aprilia Riyana Putri, M.Pd, Pemateri Eva Wresni Hapsari dan Ikhda Maulida Afifah, serta segenap panitia

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tak diragukan, selain bahasa Inggris, bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa terpopuler. Selain bahasa Perancis banyak digunakan sebagai bahasa utama dalam dunia bisnis dan teknologi, juga merupakan bahasa ke-dua yang digunakan dalam olimpiade. Bahasa resmi Palang Merah Internasional pun menggunakan bahasa Perancis. Juga PBB dan UNESCO.

Peserta Zoom Meeting

Hal ini diungkapkan pemateri Ikhda Maulida Afifah, pemateri sekaligus mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). “Belajar bahasa Perancis akan lebih mudah jika kita sudah mahir dan paham bahasa Inggris. Sebab secara struktur bahasa sama dengan bahasa Inggris,” ujarnya. Selain itu, Ikhda juga menambahkan bahwa bahasa Perancis merupakah bahasa kedua setelah bahasa Inggris oleh banyak negara di dunia seperti Kanada dan Maroko.

Kepala UPT Pengembangan Bahasa Unisnu, Aprilia Riyana Putri, M.Pd., menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Belajar Bahasa Perancis Bagi Pemula dan Tipsnya” sebagai salah satu Program Pelatihan Bahasa Asing secara virtual melalui zoom meeting pada hari ini Sabtu (20/11-2021).

Eva Wresni Hapsari, S.S., pemateri lulusan UNNES Sastra Perancis, menyampaikan tips dan strategi awal belajar bahasa Perancis bagi pemula. “Menghafalkan kosakata dan menerapkannya dalam kalimat adalah tips awal,” ujar Eva. Selain itu, melafalkan bahasa Perancis juga tak perlu malu. “Sebab saat melafalkannya, kita memajukan sedikit bibir kita,” tambahnya.

Untuk awal belajar bahasa Perancis, menurut Eva, bisa dimulai dengan komunikasi sapaan seperti bonjour, bonsoir, salut. Kemudian dilanjut menanyakan kabar, alamat, pekerjaan, dan sebagainya. Sama dengan bahasa Inggris juga bahasa lainnya, bahasa Perancis memiliki tingkatan bahasa berdasarkan kesopanan.

Pelatihan berbahasa Perancis ini dipandu dan dibuka oleh Syafika Nur Malasari, mahasiswa PBI Unisnu dan Koordinator Divisi Kesenian UKM Orsha. Lalu dilanjutkan dengan forum diskusi yang dimoderatori oleh Tazkiyya Fillah Aulia, mahasiswa prodi Ekonomi Islam dan Duta Bahasa Unisnu.

Di sesi terakhir, Tazkiyya, membuka sesi kuis berhadiah bagi lima peserta menggunakan sapaan menggunakan bahasa Perancis serta pertanyaan seputar negara yang menggunakan bahasa Perancis bagi peserta Unisnu yang mengikuti sesi Zoom Meeting secara langsung.

Alvaros