propam
Wakapolres Temanggung, Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi didampingi Kasi Propam Iptu Tasari saat melakukan pemeriksaan terhadap para anggota Polres Temanggung. Foto: Yon

TEMANGGUNG(SUARABARU.ID)- Seksi Propam Polres Temanggung  secara mendadak melakukan pemeriksaan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (gaktiblin) bagi anggota  dan PNS di lingkungan Polres Temanggung.

Pelaksanaan pemeriksaan tersebut dilakukan usai pelaksanaan apel pagi yang dipimpin langsung Wakapolres Temanggung, Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, Senin ( 15/11), menemukan beberapa anggota Polres Temanggung tidak rapi penampilannya.

“Pada pemeriksaan  secara mendadak,  tim Propam Polres Temanggung  menemukan  beberapa anggota yang masih belum rapi. Yakni, rambut dan bulu jenggot tidak sesuai ketentuan,” kata Kasi Propam Polres Temanggung, Iptu Tasari.

Tasari mengatakan, pelaksanaan   gaktiblin tersebut dilaksanakan secara mendadak dan tidak terjadwal, dengan bertujuan supaya setiap personel tetap disiplin setiap saat dan setiap waktu.

Menurutnya, gaktiblin tersebut dilakukan, untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota dengan sasaran sikap tampang personel, seragam kepolisian  dan  kehadiran.

“Selain itu,  juga kelengkapan surat kendaraan baik roda dua maupun roda empat, kebersihan dan surat kepemilikan senjata api, serta kelengkapan identitas diri (SIM, KTP, KTA),” katanya.

Ia menambahkan, pemeriksaan  yang dilakukan tidak hanya sikap tampang maupun surat kelengkapan  diri, Melainkan juga  melakukan tes urine.

Tes urine tersebut dilakukan  guna mengantisipasi peredaran maupun pemakaian narkoba pada anggota Polri.

Kami juga melakukan tes urin secara acak kepada anggota Polres Temanggung. Dan, hasilnya tidak ditemukan anggota yang terindikasi dalam pengaruh narkoba maupun alkohol,” katanya.

Menurutnya, bagi anggota yang ditemukan pelanggaran dilakukan teguran lisan dan juga penyitaan kartu tanda anggota.

Sementara itu, Wakapolres Temanggung, Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi mengatakan, pemeriksaan penegakan ketertiban dan kedisiplinan  bagi terhadap anggota jajaran Polres Temanggung untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh personel Polri.

Ia menambahkan, sebagai anggota Polri harus memiliki sikap tampang disiplin baik saat berdinas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

Yon