Personel Polsek Pracimantoro Polres Wonogiri, memasang rambu pengalihan arus lalu lintas jurusan Pracimantoro-Yogyakarta. Ini dilakukan karena ada ruas jalan yang terendam banjir.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jalur jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogyakarta) lewat Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Kamis (11/11), dialihkan karena tergenangi banjir.

Langkah pengalihan arus lalu lintas, ini dilakukan demi pertimbangan keselamatan dan keamanan warga masyarakat, serta untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Itu dilakukan, karena genangan air banjir makin meninggi, merendam ruas jalan di depan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Pracimantoro (sekitar 40 Kilometer arah barat daya Ibukota Wonogiri).

Tepatnya di bagian cekungan jalan di wilayah Dusun Blindas, Desa Praci, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, yang menjadi bagian dari ruas jalan raya Pracimantoro-Yogyakarta.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, pengalihan arus lalu lintas di jalur jalan antarprovinsi itu, dilakukan jajaran Polsek Pracimantoro melalui giat patroli sambang wilayah.

Rambu Darurat

Kapolsek Pracimantoro, AKP Setyono, memimpin pengalihan arus bersama 4 anggota, untuk menutup ruas jalan yang tergenangi luapan banjir tersebut. Yakni dengan memasang water barier dan rambu darurat galah bambu melintang jalan.

Rambu darurat untuk menutup ruas jalan yang terendam banjiir, dilakukan memakai galah bambu dan kursi serta water barier oleh Polsek Pracimantoro Polres Wonogiri.

Camat Pracimantoro, Warsito, menyebutkan, ruas jalan yang tergenangi air banjir tersebut, berada di sebelah barat lampu bangjo perempatan Kota Pracimantoro, Wonogiri.

Bagian ruas jalan yang terendam banjir itu, berada di cekungan depan Masjid Besar Nur Iman depan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pracimantoro.

Pemicu banjir, karena turun hujan deras berkepanjangan. Menyebabkan terjadi luapan air di mana-mana. Termasuk menggenangi ruas jalan di depan SD MPK Pracimantoro.

Genangan air banjir tidak cepat surut, diduga karena lubang saluran pembuangan ke mulut luweng (lubang perut bumi) di dekat jalan tersebut, tersumbat sampah atau endapan lumpur.

Selama ruas jalan di depan SD MPK Pracimantoro itu ditutup, arus lalu lintas dialihkan melewati depan Kantor Koramil Pracimantoro, yang lokasinya di utara Lapangan Pracimantoro.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here