Pada Lomba Literasi dan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SMP/MTs Sabtu, 6 November 2021 SMP Negeri 1 Jepara menerjunkan 10 delegasi. Sebanyak 7 peserta sabet juara 1.
Kepala SMP Negeri 1 Jepara Ahmad Nurrofiq, S.Pd., M.Pd.

JEPARA (SUARABARU.ID)SMP Negeri 1 Jepara (ESPENTURA) terus ukir juara dan prestasi diberbagai lomba dan kompetensi baik tingkat Kabupaten bahkan Nasional. Sejak 14 September sampai 6 November 2021, sebanyak 42 kejuaraan diraih delegasi ESPENTURA.

Lomba dan kompetensi yang diikuti tersebut yaitu Kompetensi Sains Nasional (KSN), Lomba Robotik, Lomba Bercerita Bahasa Jawa dengan Dialek Jepara, Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan dan Museum R.A Kartini, Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI), Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), dan Lomba Literasi dan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI).

Diajang Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) jenjang SMP/MTs ke-10 Kabupaten Jepara kafilah SMP Negeri 1 Jepara menorehkan 4 prestasi

Diajang Kompetensi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP/MTs Tahap 1-Tingkat Kabupaten Jepara yang digelar 14 – 15 September 2021, delegasi ESPENTURA meraih 4 kejuaraan. Bidang IPA, juara 1 diraih Violetta Ammara Irianti Agung dan juara 3 diraih Cloris Fidela. Bidang matematika, juara 3 diraih Layana Fidela Fawwaz dan Bidang IPS juara 2 diraih Nailatul Rikza Amaliya. Keempatnya berhak melaju tahap 2-Tingkat Provinsi Jawa Tengah, sekaligus mewakili Kabupaten Jepara.

Diajang Kompetensi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP/MTs Tahap 1-Tingkat Kabupaten Jepara delegasi ESPENTURA meraih 4 kejuaraan

Pada Tahap 2-Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Nailatul Rikza Amaliya dinyatakan lolos ke Tahap Final-Tingkat Nasional yang akan selenggarakan 8 – 9 November 2021 secara daring yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Pada Lomba Robotik Jenjang SMP/MTS yang diselenggarakan BAPPEDA Kabupaten Jepara pada 29 – 30 September 2021, SMP Negeri 1 Jepara mengirimkan 1 Tim robotik dengan nama “DORAEMON”. Pada Babak Penyisihan, sebanyak 20 tim robotik mengikuti pertandingan ini. Hanya 8 tim terbaik yang akan mengikuti Babak Final. Hasilnya, Tim “DORAEMAN” terdiri Fayyadl Tsaqib, Made Hadi Suryanto, dan Fensi Nur Sofiatinawati memperoleh Juara 2.

Duta SMP Negeri 1 Jepara juga dinobatkan sebagai Juara 1 dan 2 diajang Lomba Bercerita dalam Bahasa Jawa dengan Dialek Jepara yang diikuti 44 peserta dari SMP/MTs Kabupaten Jepara serta Juara 1 Lomba Cerdas Cermat  Kabudayaan dan Musium Tahun 2021

Pada 29 September 2021, delegasi SMP Negeri 1 Jepara juga dinobatkan sebagai Juara 1 dan 3 diajang Lomba Bercerita dalam Bahasa Jawa dengan Dialek Jepara yang diikuti 44 peserta dari SMP/MTs Kabupaten Jepara. Lomba ini digelar di Museum R.A. Kartini oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Juara 1 diraih oleh Raihanasty Sekar Seruni dan Juara 3 diraih Gading Fatin Cahyono.

Diajang Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan dan Museum R.A Kartini yang digelar pada 6 Oktober 2021, tim LCC ESPENTURA yang beranggotakan Nailatul Rikza Amaliya, Gusti Putri Tyarawardani, dan Rona Naila Uzla dinyatakan sebagai juara 1 setelah mengumpulkan 1.750 poin dibabak final. Pada babak penyisihan, lomba ini diikuti 30 tim dari SMP/MTs. Selanjutnya, dipilih 4 tim terbaik yang diadu pada babak final.

Tiga wakil dari SMP Negeri 1 Jepara yaitu Balqish Sylvana Novitania (kelas VIII), Amanda Keyla Putri Bahari (kelas VII) dan Dwi Irya Nathasyah (kelas VII) ikut semarakkan Fashion Show Virtual Hari Batik Nasional

Selain kirim peserta lomba, SMP Negeri 1 Jepara juga ikut berpartisipasi menyemarakkan “Jepara Fashion Show Virtual Hari Batik Nasional Tahun 2021”. Event ini diselenggarakan MGMP Tata Busana Kab. Jepara bekerjasama Yayasan Kartini Indonesia pada 2 Oktober 2021.

Tiga wakil dari SMP Negeri 1 Jepara yaitu Balqish Sylvana Novitania (kelas VIII), Amanda Keyla Putri Bahari (kelas VII) dan Dwi Irya Nathasyah (kelas VII). Fashion Show ini diikuti dari kalangan umum, dan siswa/sisi SMK, SMP dan SD.

Kepala SMPN 1 Jepara Ahmad Nurrofiq, S.Pd., M.Pd.bersama atlit  dan pelatih pada  POPDA Kab. Jepara tahun 2021. SMPN 1 Jepara sabet 23 kejuaraan

Diajang Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) jenjang SMP/MTs ke-10 Kabupaten Jepara yang digelar sabtu 9 Oktober 2021, SMP Negeri 1 Jepara juga mengirimkan kafilah. Hasilnya, kafilah SMP Negeri 1 Jepara menorehkan 4 prestasi yaitu, (1) Juara 2 Rebana Modern; (2) Juara 3 Pidato Putri (Felda Salsabila); (3) Juara Harapan 1 Kaligrafi Putri (Sivana Ambar Warni Y); dan (4) Juara Harapan 3 Pidato Putra (M. Naufal Al Ghany).

Pada kegiatan kepramukaan, SMP Negeri 1 Jepara menerjunkan 4 delegasi dalam rangka “Gladian Pemimpin Regu Penggalang (DIANPINRU) Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah di Kwartir Cabang Jepara pada 18 – 20 Okober 2021. Kegiatan ini diikuti 122 peserta dari SMP/MTs Kabupaten Jepara. Akhir kegiatan, 2 delegasi ESPENTURA dinobatkan sebagai peserta terbaik putra dan putri yaitu Arkananta Weka Abhiptya dan Gading Fatin Cahyono.

Delegasi Espentura pada DIANPINRU tahun 2021

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jenjang SMP/MTs Kabupaten Jepara Tahun 2021, Tim atlit ESPENTURA sabet total 23 kejuaraan. Hasil Cabor Petanque peroleh 3 kejuaraan, yaitu : (1) Juara 1 (Double Mix), Najicha Aulia Rahma dan Ahmad Rizky Aditya; (2) Juara 1 (Single Women), Najicha Aulia Rahma; dan (3) Juara 3 (Single Man), Ahmad Rizky Aditya. Sedangkan hasil Cabor Renang raih 16 kejuaraan. Ariabima Milada A sumbang 4 kejuaraan. Ivana Dashiella S raih 3 kejuaraan. Amelia Rahma D sabet 4 kejuaraan. Syifa Aaliyah raih 4 kejuaraan. Naura Syahda Kamilah sabet 1 kejuaraan.

Duta SMPN 1 Jepara raih juara 2 Lomba Robotic tahun 2021

Dicabor lainnya juga raih 4 kejuaraan, yaitu juara 1 Voli Pasir, juara 2 Teni Meja, juara 2 Panahan, dan juara 3 Bulu Tangkis. Selain itu, Muhammad Fachri Eka H siswa SMP Negeri 1 Jepara lolos pada Gala Siswa Nasional (GSI) Bidang Sepakbola.

Pada gelaran Lomba Literasi dan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SMP/MTs Sabtu, 6 November 2021 SMP Negeri 1 Jepara menerjunkan 10 delegasi. Sebanyak 7 peserta sabet juara 1. Kesemuanya yaitu (1) Syamsa Allam Irsyadi (Maca Aksara Jawa-Putra); (2) Artika Zakiyah Darajat (Maca Aksara Jawa-Putri); (3) Indi Akila Alghanidar (Pidato/Sesorah-Putri); (4) Muhammad Naufal Al-Ghany (Menulis Geguritan-Putra); (5) Nur Laili Bunga Rahmawati (Menulis Geguritan-Putri); (6) Dicky Alfirizal Josanova (Menulis Aksara Jawa-Putra); dan (7) Salwa Putri Rania (Menulis Aksara Jawa-Putri).

Para juara memperoleh uang pembinaan, piagam dan piala. Selain itu, Juara 1 juga sebagai wakil Kabupaten Jepara pada Babak Final Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dihelat pertengahan November ini.

“Sungguh ini merupakan capaian sangat luar biasa dan patut disyukuri. Semangat dan perjuangan siswa-siswi sebagai delegasi ESPENTURA dan para guru memang luar biasa. Terimakasih atas do’a dan dukungan orang tua, pembina, dan semua warga SMP Negeri 1 Jepara,” ujar Kepala SMPN 1 Jepara Ahmad Nurrofiq, S.Pd., M.Pd.

 

Hadepe – Agus Prianto.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here