blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga(Menpora), Zainudin Amali saat membeli produk UMKM di los lingkungan Santoso Stable.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Menteri Pemuda dan Olahraga(Menpora), Zainudin Amali, melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau potensi olahraga dan kepemudaan yang ada di Kabupaten Kendal, Senin (25/10/2021).

Dalam kunjungannya, Menpora ditemani Plt Asisten Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga Firtian Judiswandarta.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyambut langsung kedatangan menteri di Bandara Ahmad Yani Semarang dan langsung mengajak rombongan untuk mengunjungi Santosa Stable, sebuah lokasi wisata berkuda terbaik dan terbesar di Jawa Tengah, yaitu di Desa Pasigitan Kecamatan Boja.

Pengelola Santosa Stable, Anna Santosa, mengatakan, Santosa Stable merupakan tempat latihan berkuda yang terletak di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Walaupun terletak di dataran tinggi, lokasi Santosa Stable sangatlah strategis.

“Untuk menuju ke sini, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, baik dari pusat Kota Kendal maupun pusat Kota Semarang,”kata Anna.

Menurut Anna, Santosa Stable, berdiri sejak tahun 2016. Santosa Stable cukup mencuri perhatian para wisatawan dan juga pecinta olahraga berkuda.
Saat ini Santosa Stable telah mencetak atlet-atlet berkuda asli Kendal yang siap berlaga di kancah nasional maupun internasional.

Santosa Stable juga dilengkapi dengan cottage untuk menginap, water park untuk anak dan beragam pilihan aktivitas outbond.

Tak berhenti disitu, Santosa Stabe tengah mengembangkan potensi lahannya untuk menjadi one stop sport tourism attraction di Jawa Tengah.

“Nantinya, akan ada pilihan olahraga lain selain berkuda seperti panahan, jogging, sepeda dan lain sebagainya,”ujar Anna.

Pada kunjungannya ke Santosa Stable, Menpora menyaksikan pertunjukan berkuda dari atlet Kendal. Tak ketinggalan unjuk gigi Ibu Bupati Kendal, Chacha Frederica yang belakangan ini juga semangat untuk latihan menunggangi kuda.

Setelah itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengajak Menpora untuk berkeliling melihat stand UMKM dan melanjutkan acara dengan mengendarai ATV untuk melihat potensi Santosa Stable.

“Sengaja Pak Menteri saya ajak kesini agar beliau tahu bahwa Santosa Stable yang ada di Kendal ini salah satu yang terbesar dan terbaik di Jawa Tengah. Kita juga punya atlet-atlet berkuda potensial asli Kendal,”kata Dico.

Dico berharap, semoga rencana menyelenggarakan event berkuda skala nasional di Kendal dapat terwujud melalui dukungan Kemenpora. Sapawi