blank

SEMARANG- Ada banyak cara yang dilakukan untuk membantu UMKM dalam memperluas jejaring pemasaran hasil produk. Misalnya melalui terobosan yang dibuat dosen tim Dosen Informatika Unissula untuk kelompok UMKM Perkumpulan Rakyat Semarang Kuliner (Rangkul).

Inovasi para dosen berupa membuat halaman situs internet terintegrasi supaya produk para pelaku UMKM bisa dikenal cepat, mudah dan berskala luas.
“Pada prinsipnya UMKM di tempat ini harus bisa naik kelas. Caranya juga dengan mendapat dukungan teknologi informasi yang memadai,” tutur dosen Fakultas Teknologi Industri Unissula Bagus Satrio Waluyo Poetro SKom MCs di acara Tasyakuran Hari Ulang Tahun persen UMKM Rangkul Minggu 10 Oktober 2021.

Perayaan hari ulang tahun yang dilaksanakan dengan protokol ketat ini dihadiri Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu selaku dewan penasihat di kawasan Bukit Barisan Permata Puri Bringin Ngaliyan.

Hadir juga Ketua Umum UMKM Rangkul Suyatno, Dewan Pembina Haris Fadillah, Sekretaris Dedy Octavia dan para pengurus. Bagus yang didampingi Dosen Sam Farisa Chaerul Haviana ST MKom diundang untuk menyampaikan pemaparan teknologi tepat guna di hadapan Wawali.

Dijelaskannya situs ini dengan mudah diakses sehingga memungkinkan perluasan jaringan dan penambahan jumlah konsumen secara signifikan. Selain itu, untuk memberikan dukungan atas literasi dan pemanfaatan rekayasa teknologi informasi modern kepada masyarakat luas.

Situs beralamatkan www.umkmrangkul.com ini dilengkapi fitur yang memudahkan pengunjung mencermati produk hasil karya pelaku usaha menengah.
Bahkan bila konsumen ingin membeli barang bisa langsung memesan secara daring dengan dukungan layanan jasa kurir yang terintegrasi di dalam situs. Selebihnya laman digital tertaut dengan alamat pusat layanan belanja daring nasional.

Selain itu, untuk memberikan dukungan atas literasi dan pemanfaatan rekayasa teknologi informasi modern kepada masyarakat luas.
Situs beralamatkan www.umkmrangkul.com ini dilengkapi fitur yang memudahkan pengunjung mencermati produk hasil karya pelaku usaha menengah.

Bahkan bila konsumen ingin membeli barang bisa langsung memesan secara daring dengan dukungan layanan jasa kurir yang terintegrasi di dalam situs.
Selebihnya laman digital tertaut dengan alamat pusat layanan belanja daring nasional. Alhasil, selain bisa membeli produk UMKM pengunjung akan bisa selancar mencari banyak kebutuhan lain.
Hevearita pun mengakui UMKM yang tergabung dalam wadah Perkumpulan Rakyat Semarang Kuliner kiprahnya mulai dirasakan luas.